PERANCANGAN VISUAL BRANDING TEH ARTISAN FOLK TEA

FLORENCIA EVANGELINE SETIAWAN(1*), CINDY MULJOSUMARTO(2), ANI WIJAYANTI(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini bertujuan memberikan visual branding untuk teh artisan baru, Folk Tea. Sebagai pendatang baru teh artisan lokal, perlu untuk menciptakan visual branding sebagai langkah awal menciptakan brand awareness. Persaingan teh artisan lokal yang mulai bermunculan membuat Folk Tea harus memiliki brand yang kuat. Menggunakan ilmu yang didapat digabungkan dengan teori strategi branding yang didapat selama berkuliah di Desain Komunikasi Visual Petra dan juga saat magang. Metode analisis yang digunakan pada perancangan ini kualitatif deskriptif. Adapun tahapannya yaitu melakukan riset dan analisis 4P produk, SWOT kompetitor, dan wawancara langsung dengan konsumen. Melalui analisis data yang telah dilakukan kemudian dikerucutkan lagi menjadi brand positioning dan brand story yang akan menjadi dasar dari visual branding.


Keywords


brand artisan; visual branding; brand awareness

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brand. New York: The Free Press.

Airey, D. (2019). Identity Designed The Definitive Guide to Visual Branding. Beverly Hills: Rockport Publishers.

Brenner, Michael. (2017, Mei 15). 6 examples genius brand storytelling you have to see.https://marketinginsidergroup.com/content-marketing/6-examples-genius-brand-storytelling-see/

Hendroyono, H. (2019). Artisan Brand. Jakarta: POP.

Honore, C. (2008). Under Pressure. Britania Raya: Orion Books.

Jusuf, Randy. (2020). Year in Search 2020. https://www.thinkwithgoogle.com/intl/en-apac/marketing-strategies/search/2020-year-in-search-indonesia-looking-back-to-move-your-business-forward/

Lundqvist, A., Liljander, V., Gummerus, J., & Riel, A. V. (2013) The impact of storytelling on the consumer brand experience: The case of a firm-originated story. Journal of Brand Management, 20, 283–297. https://doi.org/10.1057/bm.2012.15

Neumeier, M. (2006). The Brand Gap. California: Pearson Education.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

TED. (2007, Maret 24). Carl Honore: In praise of slowness [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=UhXiHJ8vfuk


Refbacks

  • There are currently no refbacks.