PERANCANGAN KEMASAN SULAWESI LOMIE MAKASSAR

ALYSSA JACQUELINE LIEM(1*), ELISABETH CHRISTINE YUWONO(2), BING BEDJO TANUDJAJA(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sulawesi Lomie merupakan sebuah industri rumahan di Makassar yang menyajikan lomie yang merupakan makanan tradisional etnis Tionghoa. Sulawesi Lomie berdiri sejak tahun 2018. Dalam kemasan Sulawesi Lomie yang digunakan selama ini, masih terdapat banyak masalah antara lain perlindungan terhadap produknya, kemudahan untuk mengkonsumsi produk langsung melalui kemasan, serta belum terlihatnya identitas merek Sulawesi Lomie pada kemasan itu sendiri. Oleh karena itu, perancangan kemasan ini untuk menjawab permasalahan-permasalahan dalam kemasan Sulawesi Lomie sehingga dapat menghasilkan kemasan yang berfungsi dengan baik dan dapat memberi identitas merek pada kemasan itu sendiri. 

Sulawesi Lomie merupakan sebuah industri rumahan di Makassar yang menyajikan lomie yang merupakan makanan tradisional etnis Tionghoa. Sulawesi Lomie berdiri sejak tahun 2018. Dalam kemasan Sulawesi Lomie yang digunakan selama ini, masih terdapat banyak masalah antara lain perlindungan terhadap produknya, kemudahan untuk mengkonsumsi produk langsung melalui kemasan, serta belum terlihatnya identitas merek Sulawesi Lomie pada kemasan itu sendiri. Oleh karena itu, perancangan kemasan ini untuk menjawab permasalahan-permasalahan dalam kemasan Sulawesi Lomie sehingga dapat menghasilkan kemasan yang berfungsi dengan baik dan dapat memberi identitas merek pada kemasan itu sendiri.


Keywords


desain kemasan; kemasan fungsional; perancangan; Sulawesi Lomie Makassar

Full Text:

PDF

References


Artanti, Y. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pop Mie di Supermarket Giant Wiyung. Retrieved April 11, 2021, from https://www.researchgate.net/publication/327771571_Pengaruh_Faktor-Faktor_Kemasan_Produk_terhadap_Keputusan_Pembelian_Konsumen_Pop_Mie_di_Supermarket_Giant_Wiyung/

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(1), 92 – 103.

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keller, M., Taute, M., & Capsule. (2012). Design Matters: An Essential Primer. Masachussetts: Rockport Publishers, Inc.

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S.A. (2007). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A., & DeLozier, M. W. (1986). Promotion Management and Marketing Communications. United States of America: The Dryden Press.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual, Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.