PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG SEJARAH PERANG KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1944 – 1949
Keywords:
Arsitektur, Terminal Penumpang, Bandar Udara, Alor, Nusa Tenggara Timur, Pendekatan Sistem, Sistem Sirkulasi, Sequence Ruang, Alam.Abstract
Sejarah adalah suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari di zaman modern ini. Dengan mempelajari sejarah, kita bisa bisa menghormati para pahlawan yang berjuang untuk bangsa Indonesia di zaman penjajahan, selain itu kita bisa menyerap hal hal menarik yang terkandung di dalamnya. Untuk mencari dan menganalisis data yang ada di dalam perancangan ini, maka penulis akan menggunakan beberapa alat seperti metode wawancara, metode observasi dan metode kajian dokumen. Solusi yang dilakukan adalah dengan membuat boardgame yang memiliki genre gabungan dari euro-styles games dan abstract strategi games yang mengandalkan strategi yang kompleks dan juga menuntut kita mengatur sumber daya dalam permainan karena penggunaan sumber daya yang terbatas dan selain itu boardgame ini menggunakan jenis edukasi tentang sejarah Republik Indonesia.References
Arsyad. A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif mengembangkan
media pembelajaran. Jakarta: GP Press.
asal usul kata merdeka. (2020). Kompasiana
Retrieved November 30. 2020 from
https://www.kompasiana.com/ecccik/550abc
b4a33311cb102e39dd/asal-usul-katamerdeka
Cambridge Dictionary (2019). Board game. Retrieved
November 29, 2020 from
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/e
nglish board-game
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.
Jakarta : Rineka Cipta.
Etimologi Sejarah. (2020). Wikipedia Retrieved
November 15. 2020 from
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah#
Gede Widya. 1989. Dasar-dasar Pengembangan
Strategi serta Metode-metode
Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Dikti.
Hamalik, Oemar. (1989). Metodologi pengajaran ilmu
pendidikan. Jakarta:
Mandar Maju.
Hamalik, O. (1989). Media pendidikan. Bandung:
citra aditya bakti.
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah.
Yogyakarta: Bentang Budaya.
Kuntowijoyo. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah.
Yogyakarta: Bentang.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Ruang
Lingkup Sejarah, dan Sumbernya.
(2020). Kotak Pintar Retrieved Oktober 2.
2020 from
https://kotakpintar.com/pengertian-sejarah/
RANGKUMAN SEJARAH INDONESIA
TAHUN 1945-1949. (2020).
Taru, A. (2018, Mei). Guru dan penggunaan board
game dalam pembelajaran.
Playdays. Retrieved November 25. 2020
from
https://www.playday.id/blog/71-guru-danboard-game.
Zuwaily. (2013). Ciri-ciri Pembelajaran dalam
pendidikan