PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG SEJARAH PERANG KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1944 – 1949

Willy Tri Putra Tantono(1*), Rebecca Milka Natalia(2), Paulus Benny Setyawan(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejarah adalah suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari di zaman modern ini. Dengan mempelajari sejarah, kita bisa bisa menghormati para pahlawan yang berjuang untuk bangsa Indonesia di zaman penjajahan, selain itu kita bisa menyerap hal hal menarik yang terkandung di dalamnya. Untuk mencari dan menganalisis data yang ada di dalam perancangan ini, maka penulis akan menggunakan beberapa alat seperti metode wawancara, metode observasi dan metode kajian dokumen. Solusi yang dilakukan adalah dengan membuat boardgame yang memiliki genre gabungan dari euro-styles games dan abstract strategi games yang mengandalkan strategi yang kompleks dan juga menuntut kita mengatur sumber daya dalam permainan karena penggunaan sumber daya yang terbatas dan selain itu boardgame ini menggunakan jenis edukasi tentang sejarah Republik Indonesia.

Keywords


Boardgame;Sejarah;Republik Indonesia;Edukasi

Full Text:

PDF

References


Arsyad. A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif mengembangkan

media pembelajaran. Jakarta: GP Press.

asal usul kata merdeka. (2020). Kompasiana

Retrieved November 30. 2020 from

https://www.kompasiana.com/ecccik/550abc

b4a33311cb102e39dd/asal-usul-katamerdeka

Cambridge Dictionary (2019). Board game. Retrieved

November 29, 2020 from

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/e

nglish board-game

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.

Jakarta : Rineka Cipta.

Etimologi Sejarah. (2020). Wikipedia Retrieved

November 15. 2020 from

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah#

Gede Widya. 1989. Dasar-dasar Pengembangan

Strategi serta Metode-metode

Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Dikti.

Hamalik, Oemar. (1989). Metodologi pengajaran ilmu

pendidikan. Jakarta:

Mandar Maju.

Hamalik, O. (1989). Media pendidikan. Bandung:

citra aditya bakti.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah.

Yogyakarta: Bentang Budaya.

Kuntowijoyo. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah.

Yogyakarta: Bentang.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Ruang

Lingkup Sejarah, dan Sumbernya.

(2020). Kotak Pintar Retrieved Oktober 2.

from

https://kotakpintar.com/pengertian-sejarah/

RANGKUMAN SEJARAH INDONESIA

TAHUN 1945-1949. (2020).

Taru, A. (2018, Mei). Guru dan penggunaan board

game dalam pembelajaran.

Playdays. Retrieved November 25. 2020

from

https://www.playday.id/blog/71-guru-danboard-game.

Zuwaily. (2013). Ciri-ciri Pembelajaran dalam

pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.