Perancangan Fotografi Fashion Nusantara ”Atribut Toraja”

Samuel Frinalno Tangke(1*), Hartono Karnadi(2), yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Inspiratif, kaya akan sejarah budaya, dan indah tampaknya tidak cukup bagi atribut Toraja untuk memperlihatkan eksistensinya dalam wacana-wacana desain. Sebagai salah satu aset bangsa, sejatinya atribut Toraja memiliki potensi yang begitu besar untuk menjelma menjadi berbagai rupa komoditas yang bernilai sangat tinggi. Perancangan ini bertujuan mengangkat popularitas atribut Toraja diantara upacara adat, kopi, dan keindahan objek wisata alamnya. Juga berusaha mengeksplorasi sisi artistik dari atribut Toraja dan menampilkannya dalam serangkaian karya fotografi fashion bergaya kotemporer.


Keywords


Fotografi, Fotografi Fashion Nusantara, Atribut Toraja, Kontemporer.

Full Text:

PDF

References


BUKU:

Bahari, Hamid. Kitab Budaya Nusantara: Ensiklopedi Terlengkap dan Tergamblang. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Barthes, Roland. The Fashion System. Berkeley: University of California Press, 1983.

Davenport, Alma. The History of Photography: an Overview. Meksiko: UNM Press, 1991.

Feininger, Andreas. Unsur Utama Fotografi. Jakarta: Dahara Prize, 1993.

Giwanda, Griand. Panduan Praktis Menciptakan Foto Menarik. Jakarta: Puspa Swara, 2002.

Kindarto, Asdani dan SmitDev Community. Memotret Dan Mengolah Foto Digital Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.

Martin Bernal. Black Athena. United States Of America: Rutgers University Press, 2006.

Pemerintah Kota Sulawesi Selatan. Profil Potensi Pariwisata Daerah Tana Toraja. Ujung Pandang: Pemerintah Kota Sulawesi Selatan,1999

JURNAL:

Chandra, William. Perancangan Fotografi Fashion Dengan Tema Circus Attraction. Jurusan Desain Komunikasi Visual. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2010.

Herlina, Yekti. Komposisi Dalam Seni Fotografi. Nirmana 9.2 (June 2007): 84-87.

Savitrie Dian. “Pola Prilaku Pembelian Fashion pada Konsumen Wanita (Sebuah Studi Kualitatif pada Mahasiswi FE UI dan Pengunjung Butik N.y.l.a)”. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Departemen Manajemen, Universitas Indonesia, 2008.

Siswanto, Singgih Mardani. Perancangan Beauty Shot Photography dengan tema ‘Fauna Exotica’. Jurusan Desain Komunikasi Visual. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2010.

Smyk, Brianna Joelle Lombard. The Model As Muse: An Examination of Museum Exhibitions Of Fashion Photography. Thesis. California: San Diego State University: 2011.

PERTAUTAN:

“HOJ at Garuda In-Flight Magazine Dec’12”, 15 Desember 2012, 8 Februari 2013, (http://houseofjealouxy.blogspot.com/2013/01/hoj-at-garuda-in-flight-magazine-dec12.html)

Trend Fashion Indonesia Untuk Menyambut 2013. “Tampilan Etnis Masih Digemari”, 29 Desember 2012, 5 Februari 2013, (http://www.jasapenulisanartikel.com/trend-fashion-indonesia-untuk-menyambut-2013/).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.