PERANCANGAN ALAT PERAGA TENTANG 7 HARI PENCIPTAAN ALAM SEMESTA UNTUK ANAK 4 - 6 TAHUN DI GKI NGAGEL

Ribka Dyah Puspaningrum(1*), Cokorda Alit Artawan(2), Anang Tri Wahyudi(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penciptaan alam semesta menjadi sebuah cerita dasar yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak dalam agama Kristen. Awal mula pengenalan Tuhan Yesus pada anak-anak diawali dengan kisah penciptaan alam semesta yang mengenalkan anak untuk mengenal Tuhan Yesus. Pada sekolah minggu GKI Ngagel, media pengajaran tentang kisah penciptaan alam semesta lebih banyak menggunakan media konvesional, berupa media proyektor yang menampilkan gambar. Sehingga minat anak dalam mempelajari materi pembelajaran menjadi kurang. Dibutuhkan media alat peraga interaktif sebagai media yang mempermudah konsep pembelajaran serta menarik minat anak dalam mempelajari kisah penciptaan alam semesta. Papan tempel menjadi sebuah solusi sebagai media interaktif yang menjawab kebutuhan pada guru sekolah minggu dan anak-anak pada kisah penciptaan alam semesta. Alat peraga tersebut mempermudah konsep pembelajaran dan menarik minat anak dalam interaksi yang dilakukan dengan materi penciptaan alam semesta. 


Keywords


Alkitab, Penciptaan alam semesta, Alat peraga interaktif, Papan tempel, Sekolah minggu

Full Text:

PDF

References


Akbar-Hawadi, R. (2001). Psikologi perkembangan anak : mengenal sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmaprawira W.A., S. (2002). Warna : Teori dan kreativitas penggunaannya. Bandung: Penerbit ITB.

Dr. H. M. Rudy Sumiharsono, H. H. (2017). Media pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi (Anggota IKAPI).

Setyawan, D. (2014, April 20). Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Retrieved from https://www.kpai.go.id/berita/artikel/pemenuhan-hak-pendidikan-anak-sejak-usia-dini

Sudjana, D. N. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryadi, D. (2007). Cara efektif memahami periklaku anak usia dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.