PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF TENTANG CERITA NABI NUH UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU USIA 6-11 TAHUN

Karina Anggraeni Santoso(1*), Bing Bedjo Tanudjaja(2), Daniel Kurniawan Salomoon(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Peracangan Board Game ini dibuat untuk mendukung sarana edukasi kepada anak-anak usia 6-11 tahun, khususnya di sekolah minggu. Noah Flood merupakan konsep board game yang bersifat mirip dengan story telling yang dapat dimainkan lebih dari 2 orang, yang didampingi dengan guru sekolah minggu. Dengan pion, papan peta, kartu, dan visual yang menarik, board game ini dapat menunjang kegiatan belajar mengajar tentang cerita nabi Nuh kepada anak-anak sekolah minggu.


Keywords


Perancangan, Board Game, Media Edukasi, Anak-anak, Sekolah Minggu.

Full Text:

PDF

References


Alkitab Sabda, (2005). Hakekat Sekolah Minggu, Retrieved March 20, 2020, from https://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=162&res=jpz

Baskoro, Haryadi. (2011). Jurnalisme Untuk Sekolah Minggu, Kiat Melatih Keterampilan Menulis Bagi Anak Sekolah Minggu. Penerbit Andi.

Bio Kristi, (2012). Nuh, Retrieved March 20, 2020, from https://biokristi.sabda.org/nuh

Hurlock, B. Elizabeth. (1991). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta. PT. Erlangga.

Hurlock, E.B. (1991). Child Development. Jakarta. PT. Gelora Aksara Purnama.

Miarso (2004). Pengertian Media Pembelajaran Defini Kegunaan, Model Taksonomi dan Pedoman Umum Proses Penggunaanya. Diunduh dari http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-media-pembelajaran-definisi.html

Morrison, George. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Kelima. Jakarta. PT Indeks.

Nocianti, L. Elsari. (2009). Makalah Perkembangan Sosial Pada Anak Homeschooling Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun). Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Bandung. P 5-6.

R. Jeko. I. (2016) 10 Board Game Edukatif Untuk Anak. Retrieved March 20, 2020, from https://www.liputan6.com/tekno/read/2463282/10-pilihan-board-game-edukatif-untuk-anak

Scorviano, Mike. (2010). Sejarah Board Game dan Psikologi Permainan Board Game. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawani, Maru Go. (2000). Menerobos Dunia Anak. Bandung. Yayasan Kalam Hidup.

Sukmasari, Radian Nyi. (2016). Manfaat Main Board Game Bagi Anak: Latih Strategi Hingga Kontrol Emosi. Retrieved March 20, 2020, from https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-3166187/manfaat-main-board-game-bagi-anak-latih-strategi-hingga-kontrol-emosi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.