Perancangan Branding Rumah Makan Ramayana untuk Promosi Penjualan Online di Surabaya

Karina Karnadi(1*), Ahmad Adib(2), Ani Wijayanti S.(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah Makan Ramayana merupakan sebuah bisnis keluarga yang menghidangkan berbagai macam makanan khas Cina. Rumah Makan Ramayana sudah berdiri dari tahun 1984 dan dikenal oleh banyak masyarakat hingga saat ini. Tetapi, rumah makan ini tidak mengikuti perkembangan trend dan perubahan perilaku konsumen sehingga kalah bersaing dengan kompetitornya. Berdasarkan kesimpulan di atas, perancangan yang akan dilakukan meliputi perancangan branding dan media yang berfungsi untuk menunjukkan identitas Rumah Makan Ramayana sesuai dengan target audience-nya. Perancangan branding ini mulai dari media-media yang digunakan seperti: packaging, stationary, daftar menu, seragam karyawan, interior, dan yang lainnya. Diharapkan dengan adanya perancangan branding ini dapat membantu dan mengembangkan bisnis dari Rumah Makan Ramayana, menciptakan diferensiasi brand yang dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.


Keywords


Rumah Makan Ramayana, Makanan Khas Cina, Brand, Branding, Diferensiasi, Logo, Kemasan.

Full Text:

PDF

References


Agung, Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan dan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Alex. S. Nitisemito. (1998). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bilson, Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (Edisi Pertama). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

H. Kusnadi. (2000). Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate, Prinsip, Prosedur, dan Metode). Malang: Universitas Brawijaya.

Harper W. Boyd Jr. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid 21). Erlangga.

Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management (Edisi Milenium). New Jersey: Prentice Hall Intl, Inc.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning.

Syifaun, Nafisah. (2003). Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.