PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY UNTUK STARTUP KOPI COLDBREW

Christopher Jonathan(1*), Ani Wijayanti(2), Ahmad Adib(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemudahan memulai bisnis baru membuat startup menjadi salah satu bisnis yang paling dicari di pasar modern. Karena itu “ukuran kecil dan fleksibilitas” mulai menjadi tempat kelahiran inovasi dan kreativitas. Potensi ini membuat banyak pengusaha muda memutuskan untuk membuat startup mereka sendiri. Di sisi lain, kopi adalah salah satu bisnis paling menjanjikan di pasar modern. Market yang menguntukan ini membuat banyak pengusaha muda memutuskan untuk memulai memasuki bisnis kopi, dan dalam waktu singkat bisnis kopi menjadi ramai. Disinilah peranan untuk menjadi unik dan berbeda sangatlah penting.

Keywords


Startup; Coldbrew; Visual Brand Identity

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A.., dan Erich JoachimSthaler. Brand Leadership. New York: The Free Press, 2000.

Afriliana, A. (2018). Teknologi pengelolahan kopi terkini. Yogyakarta: Deepublish.

A. Shimp, Terence. (2007) Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemah, Jakarta: Erlangga.

Budiman, M. A. (2008). Jualan ide segar: Bagaimana membangun bisnis ide miliaran rupiah tanpa modal. Yogyakarta: Galangpress.

Carter, David E. HowTo Improve Your Corporate Identity. New York: Art Direction Book Company, 1985.

Cummins, J. (1990). Sales Promotion. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fiki, Ariyanti. (2018, November). Cara Membuat Bisnis Plan dan Kegunaanya. Retrieved from https://www.cermati.com/artikel/cara-membuat-bisnis-plan-dan-kegunaannya

Handground. (2020, Februari) The Beginner’s Guide to Cold Brew Coffee di akses 27 Februari 2020 Retived from https://handground.com/grind/beginners-guide-to-cold-brew-coffee-recipes-tips-from-the-pros

Healey, M. (2010). Deconstructing Logo Design. Switzerland: Roto Vision SA.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi cinta: Menembus g-spot konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan PopulerGramedia.

Keller, L. (1993). How to Manage Brand Equity. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler, Philip. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 3. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Intermedia, 2004.

Muratovski, G. (2016). Research for Designer. UK: CPI Group.

Muzellec, L., Doogan, M. & Lambkin, M. (2003, June). Corporate rebranding: An exploratory review. Irish Marketing Review, 16(2), 31-40.

Rahman. A. (2010). Strategi dahsyat marketing mix for small business: Cara jitu nerontokkan pesaing. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutan, Mudo. (2015, Agustus). Apa itu Bisnis Startup? dan Bagaimana Perkembangannya. Retrieved from https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup dan-bagaimana-perkembangannya

Wheeler, Alina. Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. Canada: John Wiley & Sons. Inc, 2003.

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Yulin, Masdakaty. (2016) Apa Beda Cold Brew, Cold Drip, dan Iced Coffee? Retrieved from:

https://majalah.ottencoffee.co.id/apa-beda-cold-brew-cold-drip dan-iced coffee/?gclid=CjwKCAiA7t3yBRADEiwA4GFlI6w9OioLFE3WpxvsPE3HkF1o9DTwZpw9b9dG6WMGzPeOfjBKKWlSvBoC7yoQAvD_BwE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.