PENGARUH PERAWATAN PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI PADA KAWASAN PERUMAHAN DI SURABAYA

Dicky Widjaja(1*),


(1) Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertambahan penduduk dan peningkatan permintaan rumah semakin tinggi setiap tahunnya. Pengembang berusaha menarik perhatian calon penghuni dengan menawarkan fasilitas dan perawatan yang baik. Perawatan pada kawasan perumahan yang baik dapat meningkatkan nilai suatu perumahan dan penghuni nyaman.. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahu faktor perawatan yang berpengaruh terhadap kepuasan penghuni melalui studi literatur dan penyebaran kuisioner dan analisa data. Analisa data yang perlu dilakukan yaitu analisa deskriptif, analisa kepuasan, tingkat prioritas prasarana, sarana, dan utilitas, serta analisa pengaruh perawatan terhadap kepuasan penghuni,

Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penghuni perumahan di Surabaya puas dengan perawatan oleh badan pengelola. Seluruh jenis perawatan badan pengelola juga dinilai baik oleh penghuni. Faktor perawatan yang berpengaruh terhadap kepuasan penghuni yaitu perawatan perbaikan, perawatan rutin, dan kontruksi baru. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa penghuni perumahan di Surabaya barat lebih puas daripada Surabaya timur dan Surabaya selatan dengan perawatan yang dinilai penghuni baik.


Keywords


kepuasan penghuni, perawatan pengembang, pengaruh perawatan dan kepuasan penghuni, manajemen properti, manajemen estat.

Full Text:

PDF

References


Amir M.T. (2015). Merancang Kuisioner Konsep dan Panduan untuk Penelitian Sikap, Kepribadian dan Perilaku, Kencana, Jakarta

Baharum, Z.A., Nawawi, A.H., & Saat, Z.M. (2009). Assesment of Property Management Service Quality of Purpose Built Office Buildings. International Business Research. Vol.2, No. 1, 162-174.

Badan Standarisasi Nasional. (2004). Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan: SNI 03-1733-2004, Author, Jakarta

Choi, K.S.H. (2007). A Short Report of Dissertation Tittled “ A Study of Service Quality Assessment in Property Management of Private Housing Estates in Hong Kong-The Constituents and Their Perspective Roles”

Colliers International. (2016). Research and Forecast Report: Surabaya Property Market (2016), Author, Jakarta

Gunadi, S. (2007). Akuntabilitas Pengembang dalam Pemeliharaan Lingkungan Perumahan Berdampak pada Properti di Surabaya, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hadi, A.V.K., & Hardi J. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penghuni terhadap Desain Bangunan dan Sarana Prasarana di Perumahan Bojong Menteng Indah. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Hartanto, A. (2015). Model Pengukuran Kepuasan Pelanggan Perumahan Tipe Bangunan 70-350 m2 di Tiga Perumahan di Surabaya dan Sidoarjo, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Jawa Pos (2015, Mei 4). Permintaan Rumah Menengah Naik. Retrieved November 31, 2016, from http://www2.jawapos.com/baca/artikel/16754/permintaan-rumah-menengah-naik

Kyle, R.C., Spodek, M.S., & Baird, F.M. (2004). Property Management, Dearborn Real Estate Education, Chicago.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2009 tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Perumahan dan Permukiman di Daerah, Author, Jakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. & Berry, L.L. (1988). Servqual: a Multiple Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64, No. 1, 12-40.

Peiser, R.B., & Hamilton, D. (2012). Proffesional Real Estate Development, Urban Land Institute, Washington.

Prayitno, A., & Prayitno, I. (2009). Analisa Pengaruh Faktor Fisik, Lingkungan, dan Lokasi terhadap Nilai Property di Perumahan Surabaya Barat, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Riskiyah, I. R., Suryo, E. A. & Wijatmiko, I. (2015). Analisis Kinerja Developer terhadap Kepuasan Penghuni Perumahan di Kota Malang, Universitas Brawijaya, Malang.

Sianto, E. (2007). Analisa Perbandingan Estate Management terhadap Nilai (Value) Perumahan di Surabaya Timur, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Wahju, E.A.G. (2013). Analisa Persepsi dan Harapan Penghuni Perumahan terhadap Hasil Pemeliharaan dan Pelayanan Studi Kasus Perumahan Total E&P Indonesia, Balikpapan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Widjaja, D.F. (2017). Pengaruh Perawatan Prasarana, Sarana, dan Utilitas terhadap Kepuasan Penghuni Pada Kawasan Perumahan di Surabaya, Program Pascasarjana Universitas Kristen Petra, Surabaya

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. (2016). Bedah Pengakuan Konsumen 2015 Retrieved November 20, 2016, from http://ylki.or.id/2016/01/bedah-pengaduan-konsumen-2015/

Yuwono, N.I. (2016). Analisa Faktor dan Uji Diskriminan terhadap Kepuasan Penghuni Apartemen Sekitar Kampus di Surabaya: Studi Kasus Apartemen the Square, High Point dan Metropolis. Program Pascasarjana Universitas Kristen Petra, Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :