PENGARUH PENGALAMAN KERJA KONSULTAN PAJAK DAN RESIKO KLIEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSULTAN PAJAK DI SURABAYA MENERIMA PEKERJAAN PAJAK

Olivia Augustine Gosal(1*), Doni Budiono(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian inibertujuan untuk mengetahuibagaimanapengaruh pengalamankerja konsultanpajakdanresikoklienterhadapkeputusan konsultanpajak di Surabayamenerimapekerjaan pajak. Sampel Penelitian ini adalah30orangkonsultanpajakyangterdaftar sebagaianggotaIkatan KonsultanPajakIndonesia(IKPI)cabang Surabaya.Penelitianini menggunakananalisisregresilinierbergandadenganSPSS20untukmengolah data.Hasilpenelitian inimenunjukkanadanyapengaruhpengalamankerja konsultanpajakdanresikoklienterhadapkeputusanpenerimaanpekerjaan,baik secarabersamamaupunsecaraparsial.


Keywords


konsultan pajak, pengalaman kerja, resiko klien, penerimaan pekerjaan.

Full Text:

PDF

References


Adriana, P., Rosidi& Baridwan,Z.(2014).Faktor Individu dan Faktor Situasional: Determinan Pembuatan Keputusan Etis Konsultan Pajak. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Brawijaya, Malang.

Astri, Ni M. (2009).Analisis Perbandingan Kesenjangan Harapan (Expectation Gap) dari Fiskus,Konsultan Pajak, Dan Manajer Atas Sikap dan Kinerja Konsultan Pajak. Unpublished undergraduate thesis, UniversitasI slam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ayuningtyas,Harvita Y. (2012). Pengaruh Pengalaman Kerja,Independensi,Objektifitas,Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Audit(Studi Kasus Pada Auditor Inspektorat Kota/Kabupaten di Jawa Tengah). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja RosdakaryaOffset.

Dibyantoro.Setiawan,Heri.&Tamimi,Nashirah.2014.Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Toko Buku Anggrek Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-XI.

Eriyanto. (2007).Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta.

Astri, Ni M. (2009).Analisis Perbandingan Kesenjangan Harapan (Expectation Gap) dari Fiskus,Konsultan Pajak, Dan Manajer Atas Sikap dan Kinerja Konsultan Pajak. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ayuningtyas,Harvita Y. (2012). Pengaruh Pengalaman Kerja,Independensi,Objektifitas,Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Audit(Studi Kasus Pada Auditor Inspektorat Kota/Kabupaten di Jawa Tengah). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja RosdakaryaOffset.

Dibyantoro.Setiawan,Heri.&Tamimi,Nashirah.2014.Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Toko Buku Anggrek Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-XI.

Eriyanto. (2007).Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta.

Astri, Ni M. (2009).Analisis Perbandingan Kesenjangan Harapan (Expectation Gap) dari Fiskus,Konsultan Pajak, Dan Manajer Atas Sikap dan Kinerja Konsultan Pajak.Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ayuningtyas,Harvita Y. (2012). Pengaruh Pengalaman Kerja,Independensi,Objektifitas,Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Audit(Studi Kasus Pada Auditor Inspektorat Kota/Kabupaten di Jawa Tengah). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja RosdakaryaOffset.

Dibyantoro.Setiawan,Heri.& Tamimi,Nashirah.

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Toko Buku Anggrek Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-XI.

Eriyanto. (2007).Teknik SamplingAnalisis Opini Publik. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi AksaraYogyakarta.

Khotimah,Husnul.(2010). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Pembinaan,Pengalaman Kerja,Dan Komitmen Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Konsultan Pajak (Studi Empiris pada Kantor Konsultan Pajak dan Kantor Akuntan Publik Divisi Pajak diJakarta).Unpublished undergraduate thesis,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Keputusan MenteriKeuangan Republik Indonesia Nomor485/KMK.03/2003tentang Konsultan Pajak Indonesia

Laux,VolkerdanNewman,D.Paul (2010).Auditor Liability and Client Acceptance Decisions. The Accounting Review Vol. 85, No.1 pp. 261-285.

Magro,AnneM (2005). Knowledge, Adaptivity, and Performancein Tax Research. The Accounting Review Vol. 80, No. 2 pp. 703-722.

Napolitano,John.(2011).The client audition(choose to work only with those who work best for your firm). Accounting today Vol. 25, No. 6 pg.22.

Nirmala, Swastia.2012.Analisis Pengaruh Profitabilitas,Ukuran Perusahaan,Laju Pertumbuhan, Dan Kompleksitas Transaksi Terhadap Kelemahan Pengendalian Internal. Unpublished undergraduate thesis,Universitas Diponegoro, Semarang

Nugroho,Fitriyanto.2012.Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Industri Kerajinan Topeng Di Dusun Bobung Putat Patuk Kabupaten Gunung kidul.Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor111/PMK.03/2014tentang Konsultan Pajak

R.Andre,Leonardo dan Daud,R.(2012).Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Auditor Menerima Penugasan pada Kantor Akuntan Publik di Sumatera Bagian Selatan. Akuntabilitas:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Akuntansi Vol. 6, No. 1.

Sakurai,Yuka dan Braithwaite,Valeria.(2001).Taxpayer’s Perception Of The Ideal Tax Adviser:Playing Safe Or Saving Dollars?.The Australian National University, Australian Taxation Office, Working Paper No.5.

Sensi, Lucovidus. (2006). Evaluasi Manajemen Risiko Kantor Akuntan Publik (KAP) Dalam Keputusan Penerimaan Klien Berdasarkan Pertimbangan Dari Risiko Klien,Risiko Audit Dan Risiko Bisnis KAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol. 3, No. 2,pp. 191-211.

Srimindarti,Ceacilia.2006.Opini Audit dan Pergantian Auditor:Kajian Berdasarkan Resiko,Kemampuan Perusahaan dan Kinerja Auditor.Fokus EkonomiVol.5 No. 1.

Standar Profesi Konsultan Pajak,didownload dariwww.ikpi.go.idpadatanggal23 September 2014.

Suratno.(n.d).KonsepKemampuanSumberDayaManusia.Diaksespadatanggal4 November2014 dari website: sulut.kemenag.go.id.

Wati,CristinadanSubroto,Bambang.2003.Faktor-faktoryang Mempengaruhi Independensi Penampilan Akuntan Publik (Survei pada Kantor Akuntan Publik dan PemakaiLaporan Keuangan di Surabaya). TEMAVo.IV, No.2.

Widarno,Bambang.2007. Profil dan Kompetensi Sarjana Akuntansi. Jurna lEkonomi dan Kewirausahaan Vol.7, No. 2.

Widyartono, Didin. (2002). Pengaruh Pengalaman Kerja, Motivasi, Pengembangan Karier,Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Ekonomi Universitas Negeri Se-Kota Malang.Unpublished undergraduate thesis,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.