PENGARUH KEMUDAHAN SISTEM SELF ASSESSMENT, SOSIALISASI SISTEM PERPAJAKAN, DAN PELAYANAN KANTOR PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2014

Evan Wiradharma Sundah(1*), Agus Arianto Toly(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pajak merupakan alat bagi pemerintah dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan penerimaan baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dari masyarakat untuk membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan nasional dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya perhatian terhadap variabel-variabel berikut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemudahan sistem self assessment, sosialisasi sistem perpajakan, dan pelayanan kantor pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya.
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan data primer yang didapatkan langsung dari responden dengan cara membagikan kuesioner, serta data jumlah Wajib Pajak terdaftar. Statistik uji yang digunakan adalah regresi linier berganda dan data diolah secara komputerisasi dengan program SPSS versi 19. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemudahan self assesment dan pelayanan kantor pajak memiliki pengaruh yang signifikan, dan pelayanan kantor pajak memiliki pengaruh paling dominan.

Keywords


Kemudahan Self Assesment, Sosisalisasi Sistem Perpajakan, Pelayanan Kantor Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.

Full Text:

PDF

References


Boediono B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Faizan Mohsan, Muhammad Musarrat Nawaz, M. Sarfraz Khan, Zeeshan Shaukat, Numan Aslam. 2011. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty and Intentions to Switch: Evidence from Banking Sector of Pakistan.

Gunadi, 2005. Akuntansi Pajak, Penerbit PT. Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Harahap Abdul Asri. 2004. Paradigma Baru Perpajakan Indonesia Perspektif Ekonomi.

Ismawan Indra. 2001. Memahami Reformasi Perpajakan 2000. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Jatmiko, Nugroho Agus (2006), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak : Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Keputusan DirJen Pajak Nomor KEP-27/PJ/2003 tentang Tempat Pelayanan Terpadu pada Kantor Pelayanan Pajak

Kiswanto, dan Wahyuddin. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT UPPD Dipenda Propinsi Jateng Kabupaten Sragen, Daya Saing Vol. 8 No. 2 April 2007.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pabelan Surakarta.

Mardiasmo. 2002. Perpajakan. Edisi Revisi Tahun 2002. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mita Kuraesin. (2009), Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Self Assessment System terhadap Kepatuhan Pajak.

Mohd Shoki Md Ariff, Leong Ooi Yun, Norhayati Zakuan, Khalid Ismail. The Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Internet Banking.

Nasucha, Chaizi. 2004. Reformasi Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ni Luh Supadmi. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan.

Nilla Ayu Puspitasari. (2012), Analisis Sosialisasi Peraturan Perpajakan dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak.

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor.

Pandiangan, Liberti. 2010. Modernisasi & reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan UU Terbaru. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Republik Indonesia. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP 114/PJ./2005 Tentang Pembentukan Tim Sosialisasi Perpajakan. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Restiani, Metti. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan Pajak dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cianjur. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Komputer,Bandung.

S.K Chadha & Deepa Kapoor. 2009. Effect of Switching Cost, Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty of Cellular Service Providers in Indian Market.

Setianto, Eka. 2010. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pelaksanaan Self Assesment System terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Cilandak. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan “Veteran”, Jakarta.

Soebagyo, FX Ivan Somolegyono. 2005. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan oleh Ditjen Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Jakarta Kemayoran. Tesis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak No. SE-84/PJ/2011 tentang Pelayanan Prima.

Tjiptono, F. 2005. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2005. Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yohannah. (2012). Tinjauan Atas Sosialisasi Peraturan Perpajakan dan Kinerja Account Representative dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak : Studi Kasus KPP Pratama Jakarta Pademangan.

Zain, Mohammad (2004), Manajemen Perpajakan, Salemba Empat, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.