PENGARUH KEADILAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPATUHAN SUKARELA MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Elizabeth Permata Sari(1*), Yenni Mangoting(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan dan komunikasi terhadap kepatuhan sukarela juga untuk mengetahui dampak kepercayaan sebagai variabel intervening dalam pengaruhnya terhadap keadilan, komunikasi, dan kepatuhan sukarela. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang memiliki usaha dagang di Surabaya Barat dengan omset di bawah Rp 4,8Miliar per tahun yang berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah judgement sampling atau purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung dan tidak langsung dari keadilan terhadap kepatuhan sukarela adalah positif dan signifikan. Selain itu, pengaruh langsung dan tidak langsung dari komunikasi terhadap kepatuhan pajak adalah positif dan signifikan.

Keywords


keadilan, komunikasi, kepercayaan, kepatuhan sukarela

Full Text:

PDF

References


Alm James, Betty R. Jackson, and Michael McKee. 2004. “Theaxpayers on Compliance. http://www.irs.gov/pub/irs-soi/04alm.pdf

Andarini, Pris K. 2010. Dampak Dimensi Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Choiriyah, Handayani, dan Endang. 2008. Pengaruh Kepercayaan Wajib Pajak Pada Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib pajak. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Ghozali, Imam. 2011. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gondodiyoto, Sanyoto. 2003. “Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep”. Jakarta : Media Global Edukasi.

Hair Jr, J. F., Money, A. H., Page, M., & Samouel, P. (2007). Research Methods for Business. Chichester : John Wiley and Sons Inc.

Kogler C., Muehlbacher S., & Kirchler E. 2013. Trust, Power, and tax Compliance : Testing the Slippery Slope Framework among Self-Employed Taxpayer. Wu International Taxation Research Paper Series 2013-5.

Lemeshow, S., & David W. H. Jr. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Gadjahmada University Press.

Malhotra, Nares K., & Birks, David F. 2006. “Marketing research: An applied approach”. Harlow: Prentice Hall

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Business. New York : John Wiley & Sons.

Siahaan F. O. P. 2012. The Influence of Tax Fairness and Communication on Voluntary Compliance : Trust as an Intervening Variable. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 21 ; November 2012.

Siahaan, Marihot P. 2010. Hukum Pajak Material. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Teguh, Hendra. 2004. “Management Information Systems”. Jakarta : Penerbit Indeks.

Vinzi, V. E., Chin, W. W., Henseler, J., and Wang H. 2010. “Handbook of Partial Least Square : Concepts, Methods, and Application. Germany : Springer.

Waluyo dan Wirawan. 2002. Perpajakan Indonesia. Jakarta. Salemba Empat.

Waluyo, M. 2011. Panduan dan Aplikasi Structural Equation Modelling. Jakarta. PT Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.