PENGARUH KUALITAS JASA KONSULTAN PAJAK TERHADAP KEPUASAN KLIEN DI SURABAYA

Vanya Clarissa(1*), Yenni Mangoting(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Accessibility and Flexibility, Reliability and Trustworthness, dan Service Recovery terhadap kepuasan klien atas jasa konsultan pajak di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data berupa data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah wajib pajak badan yang menggunakan jasa konsutan pajak di Surabaya. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak badan. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling Method. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Accessibility and Flexibility, Reliability and Trustworthness, dan Service Recovery berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien atas jasa konsultan pajak di Surabaya.


Keywords


Accessibility and Flexibility, Reliability and Trustworthness, Service Recovery, Kepuasan Klien

Full Text:

PDF

References


Arief, Muhtosim. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia.

Djojodipuro, Marsudi. (1992). Teori Lokasi. Universitas Indosia Press, Jakarta.

Dutka, Alan. (1994). AMA Hand Book Customer Satisfaction: A Complete Guidance to Research, Planning, and Implementation, Lincolnwood, Illinois, NTC Bussiness Books.

Hardi Supeno. (2011). Dampak Kesesuaian Persepsi Klien terhadap Jasa Pelayanan Konsultan Pajak Pengaruhnya terhadap Kinerja Konsultan Pajak. Media Mahardhika Vol 10. No 1.

Nugroho, Marno & Ratih Paramitha. (2009). “Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja Dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Januari, Vol 10, No 1

O’Brian, David and Detmar Straub. (2005). The Relative Importance of Perceived Ease of Use in IS Adoption: A Study of e-Commerce Adoption Journal of the association for information, volume I, article 8, October 2005.

Puspitasari, et.al. (2009). Pengukuran Comblass Institut Teknologi Bandung (ITB). Universitas Diponegoro

Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisa Statistika Dengan SPSS. Yogyakarta

Republik Indonesia. (2003). Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.485/KMK.03/2003 tentang Konsultan Pajak Indonesia.

Republik Indonesia. (2005). Keputusan Menteri Keuangan No.485/KMK.03/2003 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan No.98/PMK.03/2005 mengenai Tentang Konsultan Pajak Indonesia.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang No.28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP)

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia No.36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang No.7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah.

Setiawan, Slamet. (2008). Respon Nasabah terhadap Pelayanan Bank Tabungan Negara (BTN). Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia.

Sunyoto, Hamingpraja. (2004). Jaminan Kualitas Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Surbakti, N., & Widyarani, M. (2010). Pengaruh Service Recovery Pada Kepuasan Pelanggan. Studi Kasus AUTO2000 Bandung. Universitas Katolik Parahyangan.

Tjiptono, F. (2004). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (edisi ketiga). Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.