PENGARUH ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA TARAKAN

Rahmawati Irawan(1*), Raden Arja Sadjiarto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor kompetensi pelayanan, kesopanan pelayanan, kredibilitas pelayanan, pengawasan kepatuhan formal, dan pengawasan kepatuhan material yang dilakukan account representative mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 orang responden yang merupakan wajib pajak yang memanfaatkan jasa account representative di KPP Pratama Tarakan. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kompetensi pelayanan, kredibilitas pelayanan, dan pengawasan kepatuhan material berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Sedangkan faktor kesopanan pelayanan dan pengawasan kepatuhan formal tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Secara bersama-sama kelima faktor berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan.

Keywords


kepatuhan wajib pajak, kompetensi pelayanan, kesopanan pelayanan, kredibilitas pelayanan, pengawasan kepatuhan formal, pengawasan kepatuhan material

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, Febri. 2012. Pengaruh Account representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Surabaya: Jurnal Akuntansi UNESA Vol. 1 No. 1.

Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Gunadi. 2005. Fungsi Pemeriksaan terhadap Peningkatan Kepatuhan Pajak (Tax Compliance). Jurnal Perpajakan Indonesia Vol. 4 No. 5.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.

Mutia, Sri Putri Tita. 2013. Pengaruh Sanksi Peprpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Tingkat Pemahaman terhadap Keptuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada WPOP yang terdafatar di KPP Pratama Padang). Padang : Universitas Negeri Padang.

Ratminto & Winarsih, S.A. 2006. Manajemen Pelayanan: edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ritonga, P. 2011. Analisis Pengaruh Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Kinerja KPP dengan Pelayanan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening di KPP Medan Timur. Medan : Universitas Sumatera Utara.Hartono, Budi (2001), “Intellectual Capital: Sebuah Tantangan Akuntansi Masa Depan”, Media Akuntansi,Edisi 2, Thn VIII,page 65-72.

Sandi, Nofri B. 2010. Analisis Pengaruh Pelayanan, Pengawasan, dan Konsultasi Account representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Trianto, Agus A. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Malang : Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Wardani, Eka A.. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Efektifitas Pengawasan Account representative terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Zain, Prof. Dr. H. Mohammad, Drs.Ak. 2008. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Salemba Em pat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.