PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN BEBAN PAJAK TANGGUAHAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) 2010-2012

Nadia Dhaneswari(1*), Retnaningtyas Widuri(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah asimetri informasi, ukuran perusahaan dan beban (manfaat) pajak tangguhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Praktik Manajemen Laba di Perusahaan Manufaktur baik secara parsial maupun simultan. Data diperoleh dari Annual Report dan Laporan Keuangan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia yang kemudian dapat diolah.
Dalam penelitian ini, manajemen laba diukur dengan menghitung Discretionary Accruals model Friedlan. Asimetri informasi diukur menggunakan bid-ask spread, ukuran perusahaan diukur dengan total aktiva dan beban (manfaat) pajak tangguhan diukur dengan selisih kewajiban pajak tangguhan dan aktiva pajak tangguhan. Populasi penelitian terdiri dari 50 perusahaan manufaktur dan periode pengamatan mulai tahun 2010 – 2012. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analis linier berganda untuk menguji pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan dan beban (manfaat) pajak tangguhan terhadap manajemen laba.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan metode analisis linier berganda dalam penelitian ini, maka didapat kesimpulan secara parsial bahwa asimetri informasi dan beban pajak tanguhan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.


Keywords


Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen Laba.

Full Text:

PDF

References


Asyik, Nur Fadjrin dan Soelistyo. 2000. Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Laba. Jurnal Ekonomi dan Bisni Indonesia Vol. 15 no.3

Desmiyawasti, Nasrizal dan Yessy. 2009. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahan terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesai. Pekbis Jurnal Vol.1 No.3

Djamaludin, Rahmawati dan Handayani. 2007. Analisis Perubahan Aktiva Pajak Tangguhan Dan Kewajiban Pajak Tangguhan Untuk Mendeteksi Manajemen Laba. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Fitriyani. 2014. Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Biaya Modal Ekuitas. Universitas Widyatama Bandung.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Kieso, D.E., J.J. Weigandt, dan T.D. Warfield. 20110. Intermediate Accounting IFRS Edition. Hoboken Willey

Kiswanto, Prabowo Yud Jayanto. 2009. Deferred Tax Expense and Accruals Dalam Memprediksi Earning Management. Simposium Nasional Perpajakan 2

Mardiyah, Aida Ainul. 2001. Pengaruh Asimetri Informasi dan Disclosure Terhadap Cost of Capital. Simposium Nasional Akuntansi V (2); 787 – 819.

Meiden, Carmel dan Ni Putu Eka. 2012. Moderasi Deferred Tax Expense atas Relevansi Nilai Laba dan Buku Ekuitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008 – 2010.

Muliati, Ni Ketut. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba di Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Udayana Denpasar.

Rahmawati, dkk. 2006. Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Ptaktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 9: Padang.

Restuwulan. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemne Laba di Perusahaan Sector Food and Beverage. Universitas Widyatama Bandung.

Scott, William R. 2009. Financial Accounting Theory. Fourth Edition. USA Prentice Hall, Inc.

Sudarmadji, Ardi Murdoki dan Lana Sulatro. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luar Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Proceeding PESAT, Volume 2.

Wasilah. 2005. Hubungan Asimetri Informasi dan Praktik Perataan Laba di Indoenesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 2, no 1. Hal 1 – 23.

Wibisono, Dermawan. 2003. Riset Bisnis. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Yushita, Amanita Novi. 2010. Earning Management dalam hubungan keagenan. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VIII No. 1 Tahun 2010: 53 – 62.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.