FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK UNTUK MENGGUNAKAN E-FILING

Ivana Lie(1*), Raden Arja Sadjiarto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Kota Kediri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel persepsi terhadap kegunaan, persepsi kemudahan, kesukarelaan, faktor sosial.

Data yang diperoleh merupakan hasil dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden, yaitu sebanyak 167 Wajib Pajak Orang Pribadi (kayawan) yang menggunakan e-filing di Kota Kediri.  Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan menguji hipotesis menggunakan regresi , uji t dan uji  dengan program SPSS versi 13.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Persepsi terhadap Kegunaan (X1) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing, Persepsi Kemudahan (X2) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing, Kesukarelaan (X3) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing,Faktor Sosial (X4) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing.


Keywords


persepsi terhadap kegunaan, persepsi kemudahan, kesukarelaan, fakor sosial, minat menggunakan e-filing,

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pajak. 2004. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP 88/PJ/2004 tentang “ Penyampaian Surat Pemberitahuan secara Elektronik”, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pajak. 2005. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-05/PJ/2005 tentang “Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan secara Elektronik”, Jakarta

Direktorat Jenderal Pajak. 2007. Undang-undang No 28 Tahun 2007 tentang “Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan”, Jakarta.

Titis, Winna. 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak untuk Menggunakan e-filing (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Citra, Nurul. 2012. “Pengaruh Persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, dan kepuasan WP terhadap penggunaan e-filing bagi WP di Yogyakarta”. Jurnal Nominal, Vol.1, No.1, hal 15-22.

Desmayant, Esy. 2012. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas e-filing oleh WP sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa secara Online dan Realtime (Studi Empiris di Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Risal. 2013. “Pengaruh Perilaku WP terhadap Penggunaan e-filing bagi WP di Kota Manado”. Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, hal 44-51.

Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LkiS.

Harinaldi. 2005. Prinsip-Prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brands. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Saraswati, Prita. 2013. “Analisis Terhadap Penerapan Theory of Consumer Acceptance Technology pada e-SPT”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Agung, Nogroho. 2011. “Analisis Perilaku WP Terhadap Penerapan Sistem e-filing Direktorat Jendral Pajak”. Jakarta: Universitas Indonesia.

Wiyono, Adrianto Sugiarto. 2008. Evaluasi Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan e-filing sebagai Sarana Pelaporan Pajak secara Online dan Realtime. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 11, No.2, h.117-132. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Dewi, Ratih. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan e-filing. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas

Diponegoro. Tembalang.

Sugiono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alphabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.