Studi Eksperimental: Mengurangi Bias Pengukuran Umum Balanced Scorecard Dalam Penilaian Kinerja Pada Mahasiswa S1 Angkatan 2009 dan 2011

Graciella Karina(1*),


(1) Juniarti
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya bias pengukuran umum dalam penilaian kinerja menggunakan BSC mengurangi manfaat BSC dan akan mempengaruhi keputusan alokasi kompensasi. Penelitian selanjutnya berusaha mengurangi bias tersebut dengan menggunakan pendekatan disaggregated/ mechanically aggregated dan pengetahuan. Sayangnya, pendekatan tersebut hanya secara parsial saja. Penelitian ini dilakukan untuk menghilangkan bias tersebut dengan menggabungkan kedua pendekatan sebelumnya, agar BSC dapat digunakan dengan optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen laboratorium, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan ANOVA repeated measures, independent sample t test, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan disaggregated/ mechanically aggregated dan pengetahuan berhasil mengurangi bias pengukuran umum. Evaluasi kinerja menggunakan BSC memiliki pengaruh signifikan terhadap alokasi kompensasi. Dengan hasil tersebut, maka H1, H2, H3 dalam penelitian ini diterima.

Keywords


Balanced Scorecard, pengukuran umum, pengukuran unik, bias pengukuran umum, debiasing, disaggregated/ mechanically aggregated, pengetahuan, alokasi kompensasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.