PENGARUH MANAGEMENT CONTROL SYSTEM TERHADAP FIRM PERFORMANCE MELALUI EMPLOYEE MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA SEKTOR NON MANUFAKTUR DI SURABAYA)

Elliza Christiani(1*),


(1) Saarce Elsye Hatane
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan management control system terhadap firm performance melalui employee motivation sebagai variabel intervening.

Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisa yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dan perhitungan dilakukan dengan menggunakan alat bantu Smart Partial least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan management control system berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee motivation, management control system berpengaruh positif dan signifikan terhadap firm performance, dan employee motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap firm performance. Namun, employee motivation tidak memberikan pengaruh yang signifikan sebagai variabel intervening antara management control system dan firm performance. Hal ini disebabkan karena pengaruh management control system terhadap firm performance secara langsung lebih besar dibanding dengan menggunakan variabel employee motivation sebagai mediasi antara management control system dengan firm performance. Selain itu, employee motivation dapat menjadi variabel yang berdiri sendiri atau variabel independen yang dapat mempengaruhi firm performance.


Keywords


Management Control System, Employee Motivation, Firm Performance.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.