ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2012

Christian Noverta Togasima(1*),


(1) Yulius Jogi Christiawan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara profitabilitas, opini audit, jenis industri, ukuran perusahaan, reputasi KAP, solvabilitas, company ownership dan umur perusahaan terhadap audit report lag. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan audit perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012. Sampel penelitian ini adalah 349 sampel. Penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS 13. Hasil pengujian menunjukkan bahwa opini audit, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Sedangan profitabilitas, jenis industri, reputasi KAP, solvabilitas dan company ownership tidak berpengaruh signifiikan terhadap audit report lag.


Keywords


Profitabilitas, Opini Audit, Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Reputasi KAP, Solvabilitas, Company Ownership, Umur Perusahaan, Audit Report Lag.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.