STUDI EKSPERIMENTAL : MENGURANGI BIAS PENGUKURAN UMUM BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA PADA MAHASISWA S1 PROGRAM MANAJEMEN PERHOTELAN

Jessica Octavia(1*),


(1) Juniarti
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian Lipe dan Salterio (2000) menemukan adanya bias pengukuran umum. Bias pengukuran umum dapat mengurangi manfaat dari BSC. Beberapa penelitian sebelumnya melakukan berbagai pendekatan untuk mengurangi bias pengukuran umum (debiasing), Roberts, Albright & Hibbets (2004) dengan pendekatan disaggregated/ mechanically aggregated serta Dilla dan Steinbart (2005) dengan pendekatan pengetahuan mengenai BSC. Kedua penelitian sebelumnya berhasil mengurangi bias namun belum optimal maka dari itu dilakukan penelitian ini yang menggabungkan kedua pendekatan tersebut serta melihat apakah evaluasi kinerja menggunakan BSC mempengaruhi alokasi kompensasi. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen laboratorium. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan ujiĀ  repeated measure ANOVA, independent sample t test serta analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan disaggregated/ mechanically aggregated berpengaruh signifikan dalam mengurangi bias pengukuran umum. Ditemukan juga bahwa pendekatan pengetahuan mengenai BSC berpengaruh signifikan dalam mengurangi bias pengukuran umum, serta evaluasi kinerja menggunakan BSC berpengaruh signifikan terhadap alokasi kompensasi.


Keywords


Balanced Scorecard, pengukuran umum, pengukuran unik, debiasing, bias pengukuran umum, disaggregated/ mechanically aggregated, pengetahuan, alokasi kompensasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.