Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR

Rafika Anggraini Putri(1*),


(1) Jogi Christiawan
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aimed to find out the affect of variables such profitability, liquidity, and leverage to Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure. Type of this research used was quantitative research. The total companies used in this research were 19 companies which got ISRA award and public companies that listed in Bursa Efek Indonesia (BEI) period 2010-2012. This research used multiple regression analysis. The result showed that profitability and leverage  had no affect on CSR Disclosure, while liquidity had an affect on CSR Disclosure.


Keywords


Corporate Social Responsibility Disclosure, CSR, profitability, liquidity, leverage

References


Adisusilo, Pramudito. (2011). Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Terhadap Earning Response Coefficients (ERC). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Anggraini. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.

Anugrah, Rita. Rolland Hutabarat, dan W. Faradilla. (2010). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi. Vol 18. 1 Maret 2010.

Azheri, Busyra. (2012). Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Badjuri, Achmad. (2011). Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Mei 2011, Hal: 38-54. ISSN: 1979-4878. Vol. 3, No. 1.

Cahyono, Jaka E. (2002). Investing In JSX Now? No, I’m Not That Fool: Another 22 Strategi dan Teknik Meraih Untung Di Bursa Saham. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ekonomi.kompasiana.com. (2013, Mei 27). CSR Berkelanjutan dan Strategi Pengungkapannya. Retrieved 2013, Oktober 13. from http://ekonomi. kompasiana.com/bisnis/2013/05/27/csr-berkelanjutan-dan-strategi-pengungkapannya-563405.html#.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer, dan Investor Untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis Dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fakhruddin, Hendy M. (2008). Istilah Pasar Modal A-Z: Berisi Kumpulan Istilah Populer Pasar Modal Khususnya di Pasar Modal Indonesia, Mencakup Berbagai Istilah Seputar Perdagangan Saham, Obligasi, Reksa Dana, Instrumen Derivatif dan Berbagai Istilah Terkait Lainnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Anggota IKAPI.

Florence, et al. (2004). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Go Public di

Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jurnal Maksi. Volume 4. Agustus : 161-177.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro

Gujarati, D.N. (2003) . Basic Econometrics. Forth Edition. New York: Mc.Graw-Hill

Hadi, Nur. (2011). Corporate Social Responsibility. Ed. 1th. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hussainey, et. al. (2011). Factors Affecting Corporate Social Responsibility Disclosure In Egypt. School of Commerce and Law, Faculty of Arts, Business, informatics & Education, Central Queensland University, Bruce Highway, North Rockhampton, 4702 Queensland, Australia

Kamil, Ahmad dan Herusetya, Antonius. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi. Vol. 2, No. 1, Februari 2012.

Kuntari, Y dan Sulistyani. (2007). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Indeks Lether Quality (LQ45) Tahun 2005. ASET.

Kuncoro, Mudrajad. (2011). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Limberg, dkk. (2009). Bukan Hanya Laba: Prinsip-prinsip Bagi Perusahaan Untuk Melaksanakan Tanggung Jawab Sosial. Jakarta: SMK Grafika Desa Putera.

Lungu, et. al. (2011). Research On Corporate Social Responsibility Reporting. Amfiteatru Economic. Vol. XIII. No. 29. Februari 2011.

Mia, Parvez dan Al-Mamun, Abdullah. (2011). Corporate Social Disclosure During The Global Financial Crisis. www.ccsenet.org/ijef. International Journal of Economics and Finance. Vol. 3, No. 6, Nopember 2011.

Muchtar, A.F. (2010). Panduan Praktis: Strategi Memenangkan Persaingan Usaha Dengan Menyusun Business Plan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Anggota IKAPI.

Mutia, Evi dkk. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL TELAAH & RISET AKUNTANSI. Vol. 4. No. 2. Juli 2011. Hal. 187 – 201.

Novrianto. (2012). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Sosial pada Perusahaan Manufaktur di BEI. JURNAL ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI – VOL 1, NO. 1, JANUARI 2012.

Nur, Marzully dan Priantinah, Denies. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012.

Parsons, Patricia J. (2007). Etika Public Relations: Panduan Praktek Terbaik. Jakarta: Erlangga.

Pearce, John A dan Robinson, Richard B. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. (Ed. 10th, Buku 1). Jakarta: Salemba Empat.

Prasetyono. (2011). Analisis Ukuran Perusahaan, Penerapan Etika Bisnis dan Praktek Corporate Governance Terhadap Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Prosiding SnaPP2011: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. ISSN 2089-3590. Vol 2, No.1, Th, 2011.

Priantana, Riha Dedi dan Yustian, Ade. (2011). Pengaruh Struktur Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL TELAAH & RISET AKUNTANSI. Vol. 4. No. 1. Januari 2011. Hal. 65 – 78.

Rahardjo, Sapto. (2006). Kiat Membangun Aset Kekayaan: Panduan Investasi Saham Dari A Sampai Z. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Anggota IKAPI.

Riswari, Dyah Ardana. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan

Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Rustiarini. Ni Wayan. (2010). Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Disertai Contoh Proposal Penelitian Bidang Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Ratna Chandra dan Zuhrotun. (2006) .Keinformatifan Laba Di Pasar Obligasi Dan Saham: Uji Liquidation Option Hypothesis. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.

Sekaran, U. (2003). Research Method for Business. USA: John Wiley & Sons

Sembiring, Eddy Rismanda. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Studi Empris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. SNA VII Solo. 15-16 September 2005.

Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity To Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I Made dan Arlindania, Putu Ayu. (2011). Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Go-Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 4, No. 1, April 2011.

Sudiana, Nana. (2011). CSR dan Kepedulian Usaha. Retrieved 2014, Januari 13. from http://csr.pkpu.or.id/article/csr-dan-kepedulian-perusahaan

Sugiono, Arief. (2009). Manajemen Keuangan: Untuk Praktisi Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Sugiono, Arief dan Untung, Edy. (2008). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan: Pengetahuan Dasar Bagi Mahasiswa dan Praktisi Perbankan. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Anggota IKAPI.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, Puguh. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi Dan Praktis. Jakarta: PT. Indeks.

Sunyoto, Danang. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, edisi pertama. Yogyakarta: Media Pressindo.

Swa.co.id. (2010). Sektor Bisnis DI Indonesia Harus Dapat Kembangkan Sustainability Report. Retrieved 2013, Oktober 10. from http://swa.co.id/ corporate/csr/sektor-bisnis-di-indonesia-harus-dapat-kembangkan-sustainability-report.

Tambunan, Andy Porman. (2007). Menilai Harga Wajar Saham (Stock Valuation): Mengapa Harus Membeli Mahal Jika Orang Lain Dapat Membelinya Dengan Harga Wajar?. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Anggota IKAPI.

Tanudjaja, Bing Bedjo. (2006). Perkembangan Corporate Social Responsibility di Indonesia. NIRMANA, Vol. 8, No. 2, Juli 2006: 92-98.

Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Utama, Sidharta. (2007). Evaluasi Infrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia. Retreived 2013, Mei 23. from http://www.csrindonesia.com/data/articlesother/20071121152745-a.pdf.

Widjaja, Gunawan. (2008). 150 Tanya Jawab Tentang Perseroan Terbatas: Membahas Secara Lengkap & Tuntas Berdasarkan UU No. 40 Th. 2007 & Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Forum Sahabat.

www.marketing.co.id. (2013). Terdorong Oleh Tumbuhnya Kelas Menengah. Retrieved 2013, Oktober 13. from http://www.marketing.co.id/terdorong-oleh-tumbuhnya-kelas-menengah/.

Yuliana, Rita., dkk. (2008). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Dampaknya Terhadap Reaksi Investor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Volume 5- No. 2, Desember 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.