engaruh Organizational Culture Terhadap Competitive Advantage Melalui Intellectual Capital Pada UMKM di ECommerce

Nicholas Sanjaya(1*), Axellino Magaline(2), DEVIE DEVIE(3), Hendri Kwistianus(4),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM di Indonesia mempunyai banyak masalah yang dihadapi seperti banyak saingan,
tenaga kerja tidak siap, kekurangan pengetahuan menjalankan usaha online, konsumen mampu
menjalankan internet, dll. Maka dari itu pelaku usaha UMKM perlu memiliki strategi dalam
berusaha seperti mempunyai competitive advantage. Mempunyai competitive advantage setiap
UMKM harus didukung oleh intellectual capital agar organizational culture dalam UMKM dapat
berjalan dengan baik yang mendukung pencapaian UMKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
apakah organizational culture, Intellectual capital dan competitive advantage berpengaruh terhadap
UMKM di E-Commerce. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis multivariat. Hasil dari penelitian ini
membuktikan bawah organizational culture, intellectual capital dan competitive advantage dapat
mempengaruhi UMKM. Saran untuk pelaku usaha UMKM agar dapat menerapkan organizational
culture, intellectual capital dan competitive advantage agar dapat bertahan dengan kondisi sekarang
ini yang lebih bersaing antar pelaku usaha.


Keywords


Organizational culture, intellectual capital, competitive advantage, UMKM, ECommerce

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.