Pengaruh Penerapan eXtensible Business Reporting Language (XBRL) terhadap Respon Investor (Studi pada Sektor Industri Dasar dan Kimia & Aneka Industri)

Bryan Young Hartono(1*), Juniarti Juniarti(2),


(1) Business Accounting UK Petra
(2) Business Accounting UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian mengenai pengaruh penerapan XBRL terhadap respon investor belum banyak dilakukan sebelumnya. Beberapa dari hasil penelitian-penelitian tersebut menunjukkan hasil yang tidak konsisten dan belum pernah dilakukan dalam sektor industri dasar dan kimia & aneka industri di Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh XBRL terhadap respon investor dalam sektor industri dasar dan kimia & aneka industri di Indonesia.

XBRL diukur dengan menggunakan dummy variable, sedangkan respon investor diukur dengan menggunakan CAR. Variabel kontrol yang digunakan, yaitu firm size, ROA, dan market share. Sampel yang digunakan sebesar 71 perusahaan pada periode 2014-2015 dengan metode analisis regresi data panel.

            Hasil penelitian menunjukkan variabel independen XBRL berpengaruh terhadap variabel dependen respon investor. Variabel kontrol firm size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap respon investor, ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon investor, dan market share berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap respon investor.


Keywords


eXtensible Business Reporting Language (XBRL), Respon Investor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.