Value Relevance Dari Informasi Csr Dibandingkan Dengan Informasi Keuangan Perusahaan Manufaktur Di Indonesia

Juniarti Juniarti(1*), Alexander Wijaya(2), Benny Wijaya(3),


(1) Business Accounting UK Petra
(2) Business Accounting UK Petra
(3) Business Accounting UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh dari laporan Corporate Social Responsibilty (CSR) didalam pengambilan keputusan oleh investor memiliki hasil yang tidak konsisten didalam hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Hal ini menyebabkan value relevance dari CSR tidak dapat ditentukan secara pasti dan kurangnya utilisasi dari laporan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan value relevance dari laporan CSR dengan informasi finansial yang digunakan dalam menggambarkan keadaan perusahaan. Penelitian ini menggunakan model Ohlson yang dimodifikasi untuk mengukur value relevance dari informasi finansial dan laporan CSR. Data yang digunakan merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2015-2019. Hasil yang didapat menunjukan terdapatnya value relevance dari laporan CSR dan informasi keuangan, dimana value relevance dari laporan CSR memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan informasi keuangan.


Keywords


Value relevance; Corporate Social Responsibility; CSR; Manufaktur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.