Pengaruh Penerapan Extensible Business Reporting Language (XBRL) Terhadap Asimetri Informasi Dalam Sektor Pertanian Dan Pertambangan Di Indonesia

Cindy Lestari Utomo(1*), Juniarti Juniarti(2),


(1) Business Accounting UK Petra
(2) Business Accounting UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan XBRL terhadap asimetri informasi belum banyak dilakukan sebelumnya. Beberapa dari hasil penelitian-penelitian tersebut menunjukkan hasil yang tidak konsisten dan belum pernah dilakukan dalam sektor pertanian dan pertambangan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan XBRL terhadap asimetri informasi dalam sektor pertanian dan pertambangan di Indonesia.

XBRL diukur dengan menggunakan dummy variable, sedangkan asimetri informasi diukur dengan menggunakan SPREAD. Variabel kontrol yang digunakan, yaitu ukuran perusahaan (SIZE) dan good corporate governance (GCG). Sampel yang digunakan sebanyak 36 perusahaan pada periode 2013-2019 dengan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan software GRETL.

            Hasil penelitian menunjukkan variabel independen eXtensible Business Reporting Language (XBRL) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen asimetri informasi. Variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap asimetri informasi, GCG berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap asimetri informasi.

Keywords


eXtensible Business Reporting Language (XBRL), Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.