Analisa Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas Pada Industri Ritel yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2012

Lisa Puspitasari Sugiono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap likuiditas perusahaan. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel kontrol yang diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi likuiditas, antara lain meliputi ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh, dan perputaran modal kerja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak pada sektor industri ritel. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling method sehingga diperoleh 25 perusahaan yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan model regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi simultan (uji F) dan uji signifikansi parsial (uji t) dengan α = 5%. Hasil uji F menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh, dan perputaran modal kerja mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap likuiditas. Hasil uji t menunjukkan bahwa perputaran modal kerja berpengaruh terhadap likuiditas. Sedangkan ukuran perusahaan dan kesempatan bertumbuh tidak berpengaruh terhadap likuiditas.


Keywords


likuiditas, ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh, perputaran modal kerja

References


Anderson, R. W., & Carverhill, A. (2002). A Model of Corporate Liquidity. Journal London School of Economics , 28-40.

Farhan, A. F. (2005). Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Tingkat Likuiditas Perusahaan (Studi Survei pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEJ. Bandung: Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatama.

Fatmasari, R. (2011). Hubungan Antara Growth Opportunity Dengan Debt Maturity dan Kebijakan Leverage Serta Fungsi Convenant Dalam Mengontrol Konflik Keagenan Antara Shareholders Dengan Debtholders. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan , 4.

Kim, C. S., Mauer, D. C., & Sherman, A. E. (1998). The Derterminants of Coorporate Liquidity: Theory and Evidence. Journal of Financial and Qualitative Analysis , 335.

Kustiadi, L. A. (2006). Faktor-faktor Penentu Likuiditas Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta (BEJ) Tahun 2000-2004. Yogyakarta: Skripsi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Munawir. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Riyanto, B. (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, Y. A. (2011). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas Pada perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2009.

Sawir, A. (2004). Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Seftianne. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 , 39-56.

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi , 128-142.

Toarik, M. (2013). Ekspansi Hingga Toko Perabot. Investor , 66-67.

Utami, C. W. (2006). Manajemen Retil: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.