ALAT BANTU DESAIN PERKUATAN GESER BETON BERTULANG DENGAN FIBER-REINFORCED POLYMER (FRP) BERDASARKAN ACI 440.2R-17

Mira Novita(1*), Stela Tjandrakusuma(2), Pamuda Pudjisuryadi(3), Gunawan Budi Wijaya(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkuatan struktur beton bertulang terhadap geser dapat mencegah kegagalan geser yang bersifat getas, sehingga ketahanan struktur terhadap gempa juga meningkat. Salah satu metode perkuatan struktur yang saat ini sedang berkembang adalah sistem fiber-reinforced polymer (FRP). Alat bantu perencanaan FRP yang tersedia saat ini dibuat oleh produsen FRP, sehingga penggunaannya dibatasi hanya untuk produk tertentu. Oleh karena itu, dibuat sebuah program yang lebih fleksibel dan mudah digunakan. Dalam program ini, user dapat mendesain FRP sebagai perkuatan geser struktur dalam upaya rehabilitasi seismik. Program dapat memberikan output yaitu kekuatan geser sebelum perkuatan, kekuatan geser setelah perkuatan, serta notifikasi yang cukup lengkap dan informatif sehingga user dapat melakukan perhitungan perkuatan geser menggunakan FRP secara optimal. Program telah diverifikasi dengan beberapa kasus sehingga terbukti mempunyai perhitungan yang sesuai dengan standar perencanaan FRP terbaru, yaitu ACI 440.2R-17. Program yang dibuat dengan basis Visual Basic 2017 ini memiliki tampilan sederhana sehingga cocok untuk digunakan sebagai sarana edukasi maupun untuk kepentingan profesional.

Keywords


fiber-reinforced polymer, geser, ACI 440.2R-17, program, Visual Basic 2017

Full Text:

PDF

References


ACI Committee 318. (2011). Building Code Requirements for Structural Concrete (ACI 318-11) and Commentary. Farmington Hills, MI: American Concrete Institute.

ACI Committee 440. (2017). Guide for the Design and Construction of Externally Bonded FRP Systems for Strengthening Concrete Structures (ACI 440.2R-17). Farmington Hills, MI: American Concrete Institute.

American Society of Civil Engineers. (2014). Seismic Evaluation and Retrofit of Existing Buildings (ASCE/SEI 41-13). Reston, VA: American Society of Civil Engineers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :