PERBANDINGAN PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI ANTARA SNI, HSPK KOTA SURABAYA, DAN KONTRAKTOR PADA PROYEK RUMAH TINGGAL DUA LANTAI DI SURABAYA

Josephine Gunardja, Leo Nardo Candra, Sentosa Limanto

Abstract


Studi ini meneliti pengenai perbandingan persentase komponen biaya, rasio persentase biaya dan harga permeter persegi dari rumah tinggal dua lantai yang ada di Surabaya. Pekerjaan yang akan dianalisa adalah pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur bawah (pekerjaan tanah & pondasi), pekerjaan struktur atas (pekerjaan Lt. 1 & Lt. 2), dan pekerjaan pasangan dinding. Data yang sudah didapat dari kontraktor akan dibandingkan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2013 tentang pedoman analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum atau yang lebih sering disebut dengan SNI 2013 dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) kota Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan persentase bobot tertinggi, rasio persentase komponen biaya dan harga permeter persegi dari rumah tinggal dua lantai di Surabaya. Hasil perhitungan yang didapat menunjukkan persentase bobot pekerjaan tertinggi berada pada pekerjaan struktur atas yaitu pekerjaan beton bertulang pada lantai 1 dan lantai 2. Rasio persentase biaya menunjukkan HSPK memiliki persentase yang mendekati persentase milik kontraktor. Harga permeter persegi didapatkan dari perhitungan biaya dibagi dengan luas bangunan dan harga permeter persegi tertinggi adalah hasil dari SNI 2013.


Keywords


estimasi, rumah tinggal, biaya, SNI, HSPK, anggaran

Full Text:

PDF

References


Djojowirono, S. (2005). Manajemen Konstruksi (4th ed.). KMTS FT UGM:Yogyakarta, Indonesia.

Ervianto, W.I. (2007). Cara Tepat Menghitung Biaya Bangunan (1st ed.). ANDI:Yogyakarta, Indonesia.

Imaduddin, Hidayat, A., & Wijanarko, T. (2013, August). Sistem Perhitungan Estimasi

Biaya Konstruksi Bangunan (Studi Kasus di CV. Telaga Cipta Sarana). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(2), 21-29.

Mediastika, C.E. (2005). Menuju Rumah Ideal (1st ed.). Universitas Atma Jaya:Yogyakarta, Indonesia.

Setiawan, D.I., Nalaning, S. (2014). 24 Desain Rumah di Bawah 80 Juta. Griya Kreasi Penebar Swadaya Group. Jakarta, Indonesia.

Susanta, G. (2009). Panduan Lengkap Membangun Rumah Bertingkat. Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Group):Jakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :