KARAKTERISTIK PENGGUNA SUROBOYO BUS

Frans Cristofer Sunirno(1*), Kevin Christopher Halim(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemacetan di Kota Surabaya kemungkinan disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Maka dari itu, pengoperasian Suroboyo Bus merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna Suroboyo Bus, dan penilaian masyarakat tentang pelayanan Suroboyo Bus, serta faktor – faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 247 orang responden hari kerja dan pada jam sibuk (jam 11.00 – 13.00 dan 16.00 – 18.00). Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa beberapa faktor yang perlu ditingkatkan yaitu: Kesesuaian jadwal, jarak antar kursi, sosialisasi aplikasi GOBIS, kebersihan dan keamanan halte, dan pemberitahuan pemberhentian selanjutnya.

Keywords


suroboyo bus, importance performance analysis.

Full Text:

PDF

References


Rumtily, A. D. I., Setiawan, R. (2018). Analisis Ability to Pay dan Willingness to Pay

Pengguna Bus Trans Sidoarjo. Jurnal Transportasi Forum Studi Transportasi antar

Perguruan Tinggi (FSTPT), 18(1), 34-38.

Setiawan, R. (2005). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya -

Sidoarjo. Simposium VIII Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, 5–6

December 2005 (pp 3–8). Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan.

Setiawan, R. (2005), Karakteristik Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya – Sidoarjo,

Proceeding Seminar Nasional Rekayasa Perencanaan V, 26 July 2005 (pp 2–4), UPN

Veteran, Surabaya, Jawa Timur.

Wright, L. (2005). Bus Rapid Transit. In Sustainable Transport: a Sourcebook for Policymakers

in Developing Cities: Bus Rapid Transit, (pp 1–2), Eschborn, Germany.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :