Manajemen Risiko Proyek Konstruksi Perbaikan Dermaga di Kota Gresik

Evander Setiawan Utomo, Raphael Ricardo Putradi, Herry Pintardi Chandra, Cilcia Kusumastuti

Abstract


Proyek pembangunan dermaga tidak pernah lepas dari risiko yang menyebabkan proyek tidak berjalan sesuai rencana. Analisis manajemen risiko merupakan cara untuk mengurangi atau bahkan menghindari risiko yang dapat terjadi di proyek pembangunan dermaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, serta mengetahui respon risiko kejadian pada proyek pembangunan dermaga dengan menggunakan metode wawancara pada proyek perbaikan di Gresik. Identifikasi risiko meliputi 8 (delapan) bagian, yaitu risiko alam, sumber daya manusia, teknik, kecelakaan, desain, finansial, kontraktual dan peraturan lingkungan. Berdasarkan 8 (delapan) bagian tersebut, kemudian dilakukan analisis frekuensi dan dampak kejadian serta tingkat kepentingan risiko kejadian. Dalam setiap bagian tersebut kemudian dianalisis terhadap respon yang dilakukan atas risiko yang menyebabkan proyek tidak berjalan sesuai rencana. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan wawancara, dimana pada kategori risiko alam terjadi hujan lebat serta angin kencang pada proyek dermaga di Gresik dan sangat jarang terjadinya kecelakaan pada tenaga kerja karena adanya safety briefing yang diadakan setiap pagi sehingga para pekerja mengerti pentingnya keselamatan.

Keywords


dermaga, analisis manajemen, frekuensi, dampak, respon

Full Text:

PDF

References


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (2018). Peringatan Dini Cuaca Nusa Tenggara Barat – NTB, (Juni 18, 2019).

Fisk, E.R. dan Reynolds, W.D. (2006). Construction Project Administration, Prentice Hall, New Jersey, USA.

Flanagan, R. dan Norman, G. (1993). Risk Management and Construction, University Press Cambridge.

Google Inc. (2019). Google Earth : Peta Lokasi Dermaga Jetty 4 Gresik, (Juni 26, 2019).

Google Inc. (2019). Google Maps : Peta Lokasi Dermaga Jetty 4 Gresik,

(Juni 26,2019).

Project Management Institute (PMI). (2013). A Guide to the Project Management Body Of Knowledge (3rd ed.) (PMBOK guide). Newtown Square.

Salim, Abas. (2014). Asuransi dan Manajemen Risiko, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Setiawan, Ebta. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (Juni 20, 2019).

Soeharto, I. (2001). Manajemen Proyek. Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Soputan, G.E.M. (2014). “Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (Studi Kasus pada Pembangunan Gedung SMA Eben Haezar)”. Jurnal Ilmiah Media Engineering. vol. 4, No. 4, 229-238.

Wideman, Max.R. (1992). Project and Program Risk Management: A Guide To Managing Project Risk Opportunities. Project Management Institute. Amerika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :