ANALISA PRODUKTIVITAS PEKERJAAN ERECTION RANGKA PORTAL BAJA UNTUK BANGUNAN GUDANG “X” DI SIDOARJO

Bintoro Gustanto Hendrawan, Jonathan Alim Widiono, Sentosa Limanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membantu perusahaan kontraktor mengetahui seberapa besar indeks lapangan dan produktivitas pemasangan portal baja serupa, sehingga dapat dijadikan bahan atau acuan untuk merencanakan jadwal pada proyek-proyek selanjutnya. Dengan cara mendapatkan informasi dan menganalisa produktivitas tenaga kerja berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan dan pelaksanaannya serta indeks lapangan pelaksanaan pada proyek kontruksi bangunan baja. Penelitian ini dilaksanakan pada proyek gudang “x”di Sidoarjo dengan bentang portal baja 27 m dan tinggi 22 m, erection baja menggunakan mobile crane bersertifikat SIO dan SILO kapasitas 80 ton.
Penelitian ini menggunakan analisa metode time study, kemudian hasilnya dikonversi untuk memperoleh nilai produktivitas dan indeks lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas rencana adalah sebesar 0,630 per hari, namun rata-rata produktivitas pelaksanaan adalah sebesar 0,178 per hari atau dalam persentase adalah sebesar 28,254% dari perencanaan. Sedangkan hasil perhitungan produktivitas pelaksanaan (tanpa idle time) diperoleh hasil 0,874 rangka portal baja per hari, atau dalam persentase adalah 138,73% dari produktivitas perencanaan. Serta indeks lapangan pelaksanaan ini adalah sebesar 11,678 OH. Apabila faktor keterlambatan kerja keterlambatan kiriman dan kesalahan prioritas kiriman dapat di-minimal-kan atau bahkan tanpa adanya hambatan tersebut, maka pekerjaan ini dapat diselesaikan dalam waktu 20 hari, produktivitas yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan 7 hari lebih awal.

Keywords


Produktivitas, indeks lapangan, time study, erection

Full Text:

PDF

References


Famade, O.A, Egbebi, J.O., & Akinkuowo., F.O. (2016). An Assessment of Various Strategies in Enhancing Workers Productive Capacity In Nigeria’s Tertiary Institutions. African Educational Research Journal 4(3), 91-95.

Heap A. (1987). Site Productivity in The Construction Industry. Geneva : ILO.

Messah, Y. A., Manubulu, C. C., Sina, D. A. T. (2013) Analisa Indeks Biaya untuk Pekerjaan Beton Bertulang dengan Menggunakan Metode SNI 7349-2008 dan Lapangan (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Asrama Stikes CHMK Tahap III). Jurnal Teknik Sipil, 2, 49-62.

Olomolaiye (1998). Construction Productivity Management. Chartered Restitute of Building, UK.

Pilcher (1992). Principles of Construction Management. McGraw-Hill, London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :