PENELITIAN LIGHTWEIGHT CONCRETE DENGAN MENGGUNAKAN EXPANDED POLYSTYRENE

Anthony Anthony(1*), Rafelino Tanbora(2), Handoko Sugiharto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan kontruksi struktur beton yang semakin meningkat, menimbulkan banyaknya inovasi beton. Salah satunya adalah konsep Lightweight Concrete dimana diberlakukan pengurangan berat sendiri dari beton dengan mengatur komposisi dari campuran beton. Expanded Polystyrene (EPS) merupakan salah satu material yang digunakan sebagai pengganti dari aggregat kasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sekaligus mencari komposisi pemberian butiran EPS beserta campuran aditif seperti superplasticizer dan silica fume terhadap campuran beton agar dapat menjadi Lightweight Concrete. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah compression test dan slump test. Target kuat tekan penilitian ini adalah 20-25 MPa dan syarat density lightweight concrete menurut SNI 03-3449-2002 adalah 1400 – 1800 kg/m3. Dua belas variasi beton telah dirancang dalam penelitian ini dan 2 diantaranya memenuhi kedua target penelitian. Varian pertama memilki density sebesar 1748 kg/m3 dan kuat tekan sebesar 21,67 MPa. Varian kedua memilki density sebesar 1564 kg/m3 dan kuat tekan sebesar 21,4 MPa. Ditemukan juga bahwa semakin banyak kadar EPS mengurangi density dan kuat tekan pada beton. Pada penelitian ini, hasil dari slump test melampaui ekspetasi sehingga akan digunakan metode pengujian flow untuk mengukur workability. Peningkatan jumlah semen dan kadar EPS dapat menurunkan flow pada campuran beton.

Keywords


expanded polystyrene, lightweight concrete, silica fume, superplasticizer, density, kuat tekan, workability, slump test, flow

Full Text:

PDF

References


ASTM:C143M - 15. (2015). Standard Test Method for Slump of Hydraulic-Cement Concrete. Annual Book of ASTM Standards, 1–4.

Bandala, E. E., Mendoza, D. N., López, R. R., Jaramillo, R. T., Calderón, F. A., Durstewitz, C. P., & Jaquez, R. E. (2015). Electrochemical and Mechanical Properties of Lightweight Concrete Blocks with Expanded Polystyrene Foam. International Journal of Electrochemical Science, 472-485.

Herbudiman, B., & Siregar, S. E. (2013). Kajian Interval Rasio Air-Powder Beton Self-Compacting Terkait Kinerja Kekuatan dan Flow. Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7) (pp. 1-8). Surakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kan, A., & Demirboga, R. (2007). Effect of Cement and EPS Beads Ratios on Compressive Strength and Density of Lightweight Concrete. Indian Journal of Engineering & Materials Sciences, 158-162.

SNI 03-1974-1990 (1990). Metode Pengujian Kuat Tekan Beton. Annual Book of SNI Standards, 2-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :