PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI KRITERIA DESAIN KONSTRUKSI BAJA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Giovanno Tandri Halim, Hendri Gunawan, Surya Hermawan, Gunawan Budi Wijaya

Abstract


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu tujuan yang harus terpenuhi dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Untuk mencapai tujuan ini, perencanaan yang aman sejak tahap desain atau yang biasa disebut pencegahan melalui desain, menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Dalam pelaksanaannya, masih banyak desain proyek konstruksi baja yang tidak mempertimbangkan penerapan K3. Penelitian ini memiliki beberapa objektif, yaitu membuat kriteria desain, penilaian desain dan pembuatan rekomendasi desain. Dalam metodologi penelitian ini, penerapan K3 sejak tahap perencanaan dibuat sebagai suatu kriteria desain yang disusun dari hasil studi literatur dan observasi lapangan. Kriteria yang telah dibuat lalu diuji melalui studi kasus proyek ‘X’, dengan membandingkan dan menilai kriteria telah dibuat dengan desain yang digunakan sehingga dihasilkan sebuah penilaian. Beberapa kriteria yang dibuat seperti ketersediaan lubang guardrail dan harness. Berdasarkan hasil penilaian, nilai pemenuhan kriteria yang didapatkan sebesar 28,48%, yang terdapat dalam kategori “kurang”. Dari hasil tersebut dibuat beberapa rekomendasi desain, untuk meningkatkan nilai pemenuhan kriteria menjadi 83,34%. Tetapi, hasil rekomendasi yang dapat direalisasikan adalah penambahan plat siku pada kolom, yang berguna sebagai pengait pada saat ereksi kolom dan sebagai dudukan saat ereksi rafter, sehingga nilai akhir yang didapatkan menjadi 31,04%.

Keywords


struktur baja, kriteria desain, kesehatan dan keselamatan kerja, rekomendasi desain, implementasi

Full Text:

PDF

References


Amerika. NIOSH (2013). Structural Steel Design. Washington D.C.: NIOSH.

BPJS Ketenagakerjaan (2017). Kecelakaan Kerja Konstruksi 2017 Diprediksi Tetap Tinggi. Isafety Magazine. Diakses Maret 1, 2018, dari http://isafetymagz.com/2017/02/01/kecelakaan-kerja-konstruksi-2017-diprediksi-tetap-tinggi/

NIOSH (2018). Hierarchy of Control. CDC. Diakses Mei 20, 2018, dari https://www.cdc.gov/niosh/topics/hierarchy/default.html.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2012) Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. No.50. Jakarta.

Radar Banyuwangi (2015). Seorang Pekerja Jatuh dari Atap. Radar Banyuwangi. Diakses Juli 20, 2018, dari https://issuu.com/alsod/docs/radar_banyuwangi_9_januari_2015/9

Toole, T.M., Hervol, N. & Hallowell, M. (2006). Design for Construction Safety : Taking Construction Safety into Account during the Design Phase of a Project is Become More and More Common.

Wiryawan, T. A., Thendeyas, W.T. (2012). Prinsip-Prinsip Constructability pada Proyek Konstruksi di Surabaya. (TA No. 21011852/SIP/2012). Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :