MANAJEMEN LALULINTAS DAERAH SEKITAR UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Trimardiyanto Pamuji, Firman Samparaya, Rudy Setiawan

Abstract


Jumlah pengguna kendaraan bermotor di daerah Siwalankerto dan Kutisari terus bertambah tiap tahunnya namun tidak diimbangi dengan penambahan akses sehingga menyebabkan kinerja jaringan jalan menurun tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jaringan jalan saat ini dan mengidentifikasi akses keluar masuk parkir mobil dikampus Petra dan menganalisa kinerja jaringan dari akses tersebut lalu mengusulkan akses terbaik untuk melakukan manajemen lalulintas. Penelitian ini dilakukan dengan meriset jurnal ketersediaan parkir mobil di Petra, survei jaringan jalan dan alternatif akses, mengolah data Origin-Destination yang didapat dan membebankan beban lalulintas di Trafikplan. Output dari Trafikplan dianalisis dan dilakukan perbandingan. Dari analisis, kondisi jaringan jalan saat ini memiliki nilai Degree Of Saturation (DS)1.4 dan pada tahun 2023 akan meningkat 28.57% menjadi 1.8. Bila diterapkan alternatif 7 yaitu diberlakukan Ride Sharing dan membuka akses dari Jalan Kutisari Besar menuju Kampus Utara serta akses dari Jalan Kutisari Indah Barat menuju Kampus Timur, nilai DS saat ini 1, dan pada 2023 meningkat 30% menjadi 1.3.

Keywords


manajemen lalulintas, kinerja jaringan jalan, dan pengaturan akses.

Full Text:

PDF

References


Angeline dan Indira. (2018). “Manajemen Ketersediaan dan Kebutuhan Parkir Mobil di Universitas Kristen Petra”. Skripsi. Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya

Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Nelly dan Fransisca. (2010). Penerapan Remote Parking Area dan Shuttle Service untuk Mengurangi Kepadatan Lalulintas di kawasan Universitas Kristen Petra, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Tamin, O.Z. (2000). Perancanaan dan Permodelan Transportasi, ITB, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :