PEMERIKSAAN STRUKTURAL DAN PERKUATAN JEMBATAN DI BRUNEI DARUSSALAM

Stephen Dwiputra Djaya, Anastasia Valentina, Gunawan Budi Wijaya, Handoko Sugiharto

Abstract


Jembatan merupakan salah satu sarana infrastruktur yang penting. Hal ini karena jembatan berfungsi untuk memberi akses jalan bagi transportasi dari satu daerah ke daerah lain. Beban yang ditanggung jembatan dari waktu ke waktu dapat bertambah. Namun akibat beban yang bertambah diperlukan adanya pemeriksaan struktural dan perkuatan pada jembatan. Penambahan beban terjadi pada 5 jembatan yang berada di Brunei Darussalam. Akibat adanya penambahan beban tersebut maka perlu dilakukan pemeriksaan struktural pada jembatan dan dilakukan perkuatan jika dibutuhkan. Pemeriksaan struktural akan dilakukan terhadap ultimate limit state dan serviceability limit state. Jika kapasitas jembatan tidak mencukupi maka akan dilakukan perkuatan, dimana metode perkuatan akan disesuaikan dengan bagian kegagalan struktur yang dialami oleh jembatan. Semua perhitungan akan dilakukan berdasarkan peraturan dari British Standard 5400 dan pembebanan mengacu pada BD37-01. Setelah dilakukan strengthening pada jembatan, jembatan dapat menanggung normal traffic dan special case loading

Keywords


pemeriksaan struktural jembatan, perkuatan jembatan, ultimate limit state, serviceability limit state, British Standard 5400.

Full Text:

PDF

References


British Standards Institution. (2000). Code of Practice for Design of Concrete Bridges. British Standards Institution, London, BS 5400: Part 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :