PENGARUH PERBEDAAN KOROSI AWAL TERHADAP PENGGUNAAN CARBON FRP SEBAGAI ANODA IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION SYSTEM

Samuel Eric, Kennedy Kennedy, Daniel Tjandra, Gunawan Budi Wijaya

Abstract


Penanganan terhadap stuktur beton bertulang yang berkarat diperlukan penanganan perkuatan dan penanganan perlindungan korosi. Penanganan perlindungan korosi yang sering digunakan pada stuktur beton bertulang adalah sisten impressed current cathodic protection. Penggunaan sistem impressed current cathodic protection (ICCP) pada struktur yang berkarat selama ini dibatasi oleh mahalnya harga material anoda. Untuk menambah nilai ekonomis dari teknik ini, carbon fiber reinforced polymer (CFRP) yang biasanya digunakan sebagai material perkuatan dipakai juga sebagai anoda dari perlindungan aktif sistem ICCP. Dua jenis korosi awal (korosi awal rendah dan tinggi dengan kehilangan massa teoritis 6% dan 18%) diberikan ke spesimen beton dan diberikan perlindungan aktif dengan CFRP sebagai anodanya. Tes potensial half-cell dilakukan untuk menginvestigasi efektifitas dari perlindungan aktif. Perlindungan aktif yang diberikan berhasil memberikan polarisasi ke baja tulangan dan menghasilkan kondisi korosi yang lebih pasif pada dua jenis korosi awal. Namun, perlindungan aktif ditemui kurang efektif dalam melindungi spesimen dari korosi pada spesimen yang memiliki kehilangan massa 6%. Efisiensi dari perlindungan korosi pada spesimen yang memiliki kehilangan massa 18% kurang konklusif sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.

Keywords


beton bertulang, korosi, carbon fiber reinforced polymer, impressed current cathodic protection

Full Text:

PDF

References


ASTM C876-09. (2015). “Standard Test Method for Half-Cell Potentials of Uncoated Reinforcing Steel in

Concrete”. ASTM, 91(Reapproved), 1–6. https://doi.org/10.1520/C0876-09.2

Bahekar, P. V., & Gadve, S. S. (2017). “Impressed Current Cathodic Protection of Rebar in Concrete Using

Carbon FRP Laminate”. Construction and Building Materials, 156, 242–251. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2017.08.145

Barnhart, R.A., (1982) Federal Highway Administrator, Memorandum entitled "FHWA Position on

Cathodic Protection Systems", Federal Highway Administration,Washington, DC.

Broomfield, J. P. (2006). Corrosion of Steel in Concrete: Understanding, Investigation and Repair, Second

Edition. https://doi.org/10.4324/9780203414606

BSI, B. S. I. (2012). BSI Standards Publication Cathodic Protection of Steel in Concrete (ISO 12696 : 2012).

Gadve, S., Mukherjee, A., Malhotra, S.N. (2011). “Active Protection of Fiber-reinforced Polymer-wrapped

Reinforced Concrete Structures Against Corrosion”. Corrosion, 67(2), 25002–25011.

J. Rodriguez. (1996). “Corrosion of Reinforcement and Service Life of Concrete Structures”. Proceedings

of 7th International Conference on DBMC, 1996, 1996, 1, 117–126.

Koleva, D. A., de Wit, J. H. W., van Breugel, K., Lodhi, Z. F., & Ye, G. (2007). “Investigation of Corrosion

and Cathodic Protection in Reinforced Concrete”. Journal of The Electrochemical Society, 154(5), C261. https://doi.org/10.1149/1.2715313

Koleva, D.A., Z. Guo, K.V. Breugel, J.H.W. de Wit, N. Boshkov, (2015). “Conventional and pulse cathodic

protection of reinforced concrete: electrochemical behavior of the steel reinforcement after corrosion and protection”. Materials and Corrosion, 60, 344-354.

SNI 03-2000. 2000. Peraturan Tata Cara Perencanaan Gedung Indonesia, Badan Standarisasi Nasional,

Bandung.

Yehia, S., Host, J.(2010). “Conductive Concrete for Cathodic Protection of Bridge Decks”. ACI

Materials Journal, 107(6), 578-586.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :