DEBIT BANJIR RENCANA DENGAN BERBAGAI PERIODE ULANG UNTUK SALURAN DRAINASE DI JALAN RAYA NGINDEN SURABAYA

Michael Suprapto, Yohanes Benyamin Ralf, Cilcia Kusumastuti, Herry Pintardi Chandra

Abstract


Banjir dapat terjadi apabila dalam suatu perkotaan sistem drainase tidak berfungsi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengitung debit banjir rencana dengan berbagai periode ulang untuk perencanaan saluran drainase di Jalan Raya Nginden Surabaya. Data curah hujan yang digunakan adalah curah hujan tahun 2005 sampai dengan 2016. Terdapat 4 (empat) stasiun hujan terdekat dari Jalan Raya Nginden yaitu Stasiun Hujan Gubeng, Wonokromo, Wonorejo, dan Gunungsari. Dengan menggunakan metode Poligon Thiessen, diketahui bahwa Stasiun Hujan Wonokromo dapat mewakili daerah tersebut. Analisis statistik sebaran dan uji kecocokan distribusi data hujan yang dilakukan menunjukkan bahwa data hujan yang tercatat di Stasiun Hujan Wonokromo mengikuti sebaran Log Pearson Tipe III. Analisis debit banjir rencana dengan metode Rasional yang telah dilakukan menghasilkan debit banjir rencana untuk periode ulang 2, 5, 10, 25, dan 50 tahun sebesar 1,99 m3/detik, 2,34 m3/detik, 2,93 m3/detik, 3,59 m3/detik, dan 4,17 m3/detik. Besarnya debit banjir yang diperoleh dapat digunakan sebagai data utama perencanaan kapasitas saluran drainase di Jalan Raya Nginden Surabaya.

Keywords


debit banjir rencana, log pearson tipe III, poligon thiessen, rasional, saluran drainase

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (2017). Data Informasi Bencana Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana,< https://bnpb.cloud/dibi/laporan4> (November 12, 2018).

Chow, V.T. (1959). Open Channel Hydraulics. McGrawHill, New York.

Chow, V.T. (1988). Applied Hydrology. McGrawHill, Singapore.

Hadi, A. & Christian, Y. (2015). “Analisa Keuangan Rumah Toko dengan Penerapan Pengolahan Air Limbah dan Penampungan Air Hujan”. Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 5, No. 1.

Hartono, K. & Kosasih, W. (2016). “Perencanaan Sistem Rainwater Harvesting yang berbasis Value Engineering”. Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 5, No. 2.

Nababan, E. & Antonio, J. (2017). Evaluasi Kapasitas Primer dan Busem Wonorejo. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sanjaya, Y. & Gunawan, J. (2018). Biaya Sistem Konservasi Air Existing dan Usulan pada Apartemen Amega Crown Residence Surabaya. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Soewarno. (1995). Hidrologi Aplikasi Metode Statistik. Nova, Bandung.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :