STUDI KASUS PENERAPAN 5 METODE ANALISA KETERLAMBATAN PADA SEBUAH PROYEK BANGUNAN BERTINGKAT DI SURABAYA

Joanto Layady, Meriem Elisabeth Polar, Paulus Nugraha, Tirsa Endeli Tumbelaka

Abstract


Keterlambatan pada proyek adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi karena kelalaian dari satu pihak maupun beberapa pihak dalam pelaksanaan proyek. Keterlambatan ini dapat merugikan salah satu pihak atau keduanya, maka perlu dianalisa berapa besar tanggungjawab suatu pihak terhadap keterlambatan yang terjadi. Analisa dilakukan dengan metode analisa keterlambatan. Namun, terdapat beberapa metode keterlambatan yang mempunyai cara penggunaan yang berbeda, cara kerja dan hal-hal yang berpotensi dapat mempengaruhi hasil dari metode-metode analisa keterlambatan tersebut namun tidak diperhatikan dalam penerapan masing-masing metode seperti yang ditemukan oleh penelitian sebelumnya yang diterapkan pada suatu proyek fiktif sederhana(Braimah, 2013). Maka pada penelitian kali ini, 5 metode yang sama akan diterapkan pada sebuah proyek real berupa sebuah proyek bangunan bertingkat di Surabaya. Ditemukan banyak hambatan dalam proses pengumpulan data dan pengolahan data oleh karena itu digunakan beberapa asumsi untuk menentukan kapan dan siapa yang bertanggungjawab terhadap suatu keterlambatan. Hasil penerapan dari 5 metode analisa keterlambatan berbeda-beda, namun dipilih metode mana yang memiliki hasil paling mendekati oleh kenyataan pada proyek yang diketahui lewat wawancara yaitu metode As-planned But For.

Keywords


metode, analisa, hambatan, keterlambatan.

Full Text:

PDF

References


Braimah, Nuhu. (2013). “Construction Delay Analysis Technique-Areview of Application Issue and Improvemeent Needs”. Civil Engineering Department, School of Engineering and Design, Brunel University, Uxbridge, 2013 : 506-531

Celeste, Brian. (2017). “The Use (or Misuse) of a Prospective Time Impact Analysis Provision in a Forensic Arena: a case study”. Navigant Consulting, Inc.

Hegazy, Saad. (2012). “Delay Analysis Methodology in UAE Construction Projects”. P.M. World Journal Vol. 1, Issue II September 2012.

Long, R.J. (2017). “As-Built But-For Delay Analysis”. Long International, Inc.

Nishimura, Sogen. (2017). “Studi Kasus Penerapan Metode Collapsed As-Built terhadap Sebuah Gedung Perkuliahan di Surabaya”. Petra Christian University, 5-6.

Proboyo, B. (1999). “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-penyebabnya”. Dimensi Teknik Sipil Volume 1, No. 1 Maret 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :