ANALISIS PENYEBAB DAN PERBANDINGAN FAKTOR-FAKTOR COST OVERRUNS TERHADAP HIGH RISE BUILDING DAN LOW RISE BUILDING DI SURABAYA

Glory Avianto Cundoko, Kevin Valenthio, Sentosa Limanto

Abstract


Pembangunan konstruksi gedung di Indonesia semakin pesat sejalan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.. Salah satu permasalahan yang timbul pada pelaksanaan konstruksi gedung adalah terjadinya pembengkakan biaya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya cost overrun, mengidentifikasi faktor utama penyebab terjadinya cost overrun dan mencari perbedaan pandangan antara proyek high rise building dan low rise building. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada kontraktor yang ada di Surabaya. Melalui analisis deskriptif dengan mencari nilai rata-rata tertinggi menurut high rise building dan low rise building ditemukan beberapa hasil. Faktor dominan penyebab cost overrun pada proyek high rise building diantaranya adalah bencana alam, kualitas tenaga kerja, seringnya terjadi perubahan desain dengan, ketidak tepatan estimasi biaya. Faktor dominan penyebab cost overrun pada proyek low rise building diantaranya adalah bencana alam, pengendalian biaya di lapangan dan terlalu banyak pengulangan pekerjaan karena spek tidak sesuai, Kualitas tenaga kerja , produktifitas tenaga kerja dan pendanaan dari owner. Melalui analisis Independent-Sample T-Test ditemukan bahwa ada beberapa perbedaan pandangan antara high rise building dan low rise building perbedaan pandangan terjadi pada faktor ketidak tepatan estimasi biaya, seringnya terjadi perubahan desain, tingginya suku bunga pinjaman bank.

Keywords


cost overruns, high rise building, low rise building

Full Text:

PDF

References


Fahadila F. Remi. (2017) Kajian Faktor Penyebab Cost Overrun pada Proyek Konstruksi Gedung.

Jurnal Teknik Mesin (JTM). 6(2). Maret 2017.

Erivianto, W. I. (2002). Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit Andi, Yogyakarta. Ramdani, Dikky (2013). Analisis Faktor Penyebab Pembengkakan Biaya (Cost Overrun) pada Proyek Konstruksi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :