PERBANDINGAN KARAKTERISTIK DENSE GRADED EMULSION MIXTURE (DGEM) TIPE V DAN VI TERHADAP SPESIFIKASI TIPE CAMPURAN ASPAL PANAS

Charly Robin Arifin, Jaya Soesanto, Paravita Sri Wulandari, Harry Patmadjaja

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena semakin pesatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia sehingga dibutuhkan campuran aspal yang ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan Dense Graded Emulsion Mixture (DGEM), campuran bergradasi rapat tipe IV dan tipe VI. Penelitian ini menggunakan agregat halus dan kasar yang berasal dari Banyuwangi, aspal emulsi tipe CSS-1h. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik DGEM dengan memakai campuran tipe V dan tipe VI dan untuk mengetahui perbandingan karakteristik DGEM yang menggunakan campuran tipe V dan tipe VI dengan spesifikasi tipe campuran aspal panas. Hasil dari penelitian ini adalah campuran tipe V dan tipe VI dengan menggunakan agregat yang berasal dari Banyuwangi dan aspal emulsi tipe CSS-1h memenuhi syarat spesifikasi aspal panas tipe SS, STS, STK.

Keywords


dense graded emulsion mixture, campuran aspal bergradasi rapat tipe v, campuran aspal bergradasi rapat tipe vi, stabilitas.

Full Text:

PDF

References


Muliawan, I.W. (2011). Analisis Karakteristik dan Peningkatan Stabilitas Campuran Aspal Emulsi

Dingin (CAED). Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana, Bali.

SNI 4798:2011. (2011). Spesifikasi Aspal Emulsi Kationik. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Sukirman, S. (1992). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :