PENGARUH SENGKANG SPIRAL GANDA TERHADAP KEKUATAN TEKAN PIPA BETON

Yonatan Septian Sugiarto, Reynardo Cristoval Yuwono, Gogot Setyo Budi

Abstract


Beton merupakan material yang paling sering digunakan di dalam dunia kontruksi bangunan, seperti pada balok, kolom, pelat, dan tiang pancang untuk pondasi. Khusus pada tiang pancang pracetak dapat dibuat dalam bentuk silinder berongga (hollow) dan persegi yang pejal atau berongga. Beberapa bangunan mulai banyak menggunakan tiang pancang dari beton yang berlubang pada bagian tengahnya atau yang disebut juga pipa beton dengan tujuan untuk mengurangi berat sendiri. Keruntuhan pipa beton terhadap kekuatan tekan berbeda dengan beton silinder pejal dimana keruntuhan dapat terjadi pada sisi bagian luar maupun sisi bagian dalam dinding pipa beton. Pada penelitian ini, upaya peningkatan kekuatan tekan pada pipa beton dilakukan dengan memberikan sengkang spiral ganda pada bagian dinding luar dan dalam pipa beton. Ukuran diameter tulangan yang digunakan untuk sengkang spiral adalah 4 mm. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sengkang spiral ganda dapat meningkatkan kekuatan tekan pada pipa beton. Peningkatan kekuatan tekan pada pipa beton berbeda-beda sesuai dengan jarak sengkang spiral yang digunakan. Sengkang spiral ganda juga dapat meningkatkan daktilitas dari pipa beton.

Keywords


pipa beton, keruntuhan, sengkang spiral ganda, kekuatan tekan pipa beton

Full Text:

PDF

References


Budi, G.S., Suseno, P.K., Winata, S.K. (2017). “Spinning Induced Compression Strength of Precast Hollow Concrete Piles.” Civil Engineering Dimension. Vol. 19, No.2, 99-104.

Christian, N., Victorious, M. (2017). “Pengaruh Sengkang Luar dan Sengkang Dalam Terhadap kekuatan Tekan Pipa Beton.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kintarman, Sutedja, S., Budi, G.S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Perkuatan Menggunakan Clamp pada Kekuatan Silinder Beton Berongga.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 6, No. 2.

Pudjisuryadi, P., Tavio. (2012). “Kinerja Baja Siku Sebagai Elemen Pengekang Eksternal Kolom Beton Bertulang Persegi.” Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sasmita, Y.N., Hutomo, S., Budi, G.S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Steel Fiber Pada Kekuatan Tekan Pipa Beton.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 6, No. 2.

Tjandra, C., Prasetya, D.E., Budi, G.S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Polypropylene Fibres Pada Kekuatan dan Modulus Elastisitas Silinder Beton Berlubang.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 16, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :