PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JADWAL PEKERJAAN FINISHING PROYEK RUMAH TINGGAL DENGAN METODE ACTIVITY ON NODE (AON)

Michael Lorenzo Suhartono, Danny Tejo Santosa, Ratna Setiawardani Alifen

Abstract


Pekerjaan finishing pada proyek rumah tinggal menjadi salah satu peranan penting yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Salah satu penyebab keterlambatan proyek adalah aspek kesiapan sumber daya serta aspek perencanaan atau penjadwalan pekerjaan yang kurang baik. Oleh karena itu diperlukan perencanaan dan pengendalian jadwal pekerjaan finishing rumah tinggal terutama pada aspek waktu dan sumber daya manusia serta menerapkannya pada proyek rumah tinggal di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur tentang penjadwalan proyek dengan metode Activity On Node (AON) dan studi lapangan pada proyek rumah tinggal di Surabaya. Hasil penelitian ini berupa penjadwalan proyek pada aspek waktu dan sumber daya manusia dengan bantuan program Microsoft Project 2016. Berdasarkan perencanaan jadwal pekerjaan finishing yang telah dibuat, dilakukan pengendalian berupa monitoring pada aktivitas-aktivitas pekerjaan finishing pada proyek tersebut. Pada monitoring tersebut pekerjaan finishing berlangsung sesuai dengan yang telah direncanakan dan proyek tersebut belum mengalami keterlambatan, pelaksanaan proyek dilanjutkan sesuai dengan perencanaan jadwal yang telah dibuat.

Keywords


perencanaan dan pengendalian, jadwal, finishing, rumah tinggal, activity on node, microsoft project 2016.

Full Text:

PDF

References


Alifen, R. S., Setiawan, R. S., dan Sunarto, A. (2000). “Analisa “What If” Sebagai Metode Antisipasi Keterlambatan Durasi Proyek.” Dimensi Teknik Sipil. Vol. 2, No. 1, 103-113.

Building and Construction Authority. (2005). Conquas 21 : The BCA Construction Quality Assessment System (6th ed.), Author, Singapore.

Gould, Frederick E. (2002). Managing The Construction Process: Estimating, Sceduling, and Project Control (2nd ed.), Roger Williams University, USA.

Hamilton, Albert. (1997). Management by Project, Thomas Telford Services Ltd, London.

Indonesia. Kementrian Pekerjaan Umum. (2013). Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2013, Author, Jakarta. Means, R.S. (2014). Building Construction Cost Data (72nd ed.). R.S. Means Company, Inc., Kingston, MA.

O’Brien, J. J., Zilly, R. G. (1971). Contractor’s Management Handbook, McGraw-Hill, New York.

Proboyo, Budiman. (1999). “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek : Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-penyebabnya.” Dimensi Teknik Sipil. Vol. 1, No. 1, 49-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :