UJI LENTUR DAN TARIK PADA BETON DENGAN GEOTEXTILE

Jodie Saputra(1*), Linda Felandy Budiono(2), Handoko Sugiharto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Geotextile merupakan material yang memiliki kuat tarik yang tinggi yang biasanya dipakai untuk perkuatan tanah. Pada penelitian ini akan dilakukan inovasi dengan meneliti pengaruh pemberian geotextile pada beton khususnya pelat. Diharapkan dengan penelitian ini, dapat mengetahui manfaat pemberian geotextile pada beton. Penelitian ini menggunakan beton dengan mutu K-200 dan akan dibuat 24 benda uji berupa balok 15 x 15 x 60 cm dan 8 benda uji berupa silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm yang akan ditambahkan geotextile woven atau non woven yang telah dimodifikasi. Akan dilakukan uji lentur dan split tensile test pada beton dan uji material untuk mendapat hubungan  dan . Pengujian dilakukan pada hari ke 7 dan 28 dengan menggunakan Universal Testing Machine dan alat tekan lentur. Dan hasilnya geotextile woven lebih meningkatkan dalam hal kuat tarik beton. Sedangkan dalam uji lentur, beton dengan geotextile woven mengalami pengelupasan sehingga geotextile non woven lebih meningkatkan kapasitas lentur beton. Peningkatan yang terjadi kurang signifikan karena belum ada standar pemodelan sample dan testing untuk beton dengan material seperti geotextile ini.

Keywords


beton, geotextile, woven, non woven, lentur, split tensile

Full Text:

PDF

References


Folagbade, S.O. (2017). Early-age Performance of Cement Combination Concrete. http://ced.petra.ac.id/index.php/civ/article/view/19928.

Long, James H., Stanley L. Paul dan Richard G. Lampo (1989). Bond Strength between Geotextiles and Concrete. Geotextiles and Geomembranes 8. Hlm. 113-132.

Rajeshkumar, K., N. Mahendran dan R. Gobinath (2010). Experimental Studies on Viability of Using Geosynthetics as Fibers in Concrete. International Journal of Applied Engineering Research. Vol. 1, No. 1, ISSN: 0976-4259, Hlm. 15-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :