PENERAPAN NILAI ALPHA (α) CARA PENDEKATAN PERHITUNGAN KUANTITAS BESI BETON PADA STRUKTUR BETON BERTULANG (STUDI KASUS PROYEK RUKO X)

Hansen Muliauwan, Indriani Santoso, Budiman Proboyo

Abstract


Dalam dunia konstruksi jika melihat berbagai komponen dalam sebuah pekerjaan konstruksi pasti akan didapati bahwa kuantitas dari besi tulangan merupakan yang paling mahal di antara komponen pekerjaan konstruksi lainnya. Mengingat bahwa harga besi tulangan merupakan komponen pekerjaan konstruksi yang paling mahal dan paling sering dipakai tidak hanya di kolom tetapi juga balok, maka peneliti memutuskan untuk melanjutkan penelitian yang telah dibuat sebelumnya oleh David Christiando, Daniel Erwin, Sugiarto Chandra, dan Michael Danielle. Untuk menggambarkan hasil dari penelitian ini maka hasil tersebut dirubah ke dalam bentuk faktor – faktor yang dimana faktor tersebut melambangkan perbandingan antara W pendekatan dengan W rab proyek. Faktor tersebut dibagi menjadi dua bentuk yaitu : ftu untuk tulangan utama, dan fts untuk tulangan sengkang. ftu untuk kolom didapati sebesar 1.014, fts untuk kolom sebesar 1.04, ftu untuk balok sebesar 1.05, dan fts untuk balok sebesar 1.08. Nilai dari faktor ini merupakan rata – rata dari faktor yang ada dalm dua proyek

Keywords


kolom, balok, kuantitas besi beton, struktur beton bertulang, metode pendekatan, nilai alpha (α), ftu, fts

Full Text:

PDF

References


Christiando, David. and Erwin, Daniel. (2017). Cara Pendekatan Perhitungan Kuantitas Pembesian pada Kolom Struktur Beton Bertulang. (TA No. 21012179/SIP/2017). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Danielle, Michael. and Candra, Sugiarto. (2017). Cara Pendekatan Perhitungan Kuantitas Pembesian pada Balok Beton Bertulang. (TA No. 21012174/SIP/2017). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sastraatmadja, A. Soedradjat. (1994). Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Nova: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :