PENGARUH PENAMBAHAN SILICON CARBIDE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN TERHADAP KARAKTERISTIK MORTAR

Gelvin Goestiawan(1*), Michelle Michelle(2), Handoko Sugiharto(3), Gunawan Budi Wijaya(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi semen dengan silicon carbide terhadap karakteristik mortar. Silicon carbide merupakan material industri yang dipakai sebagai bahan abrasive, keramik, dan berbagai pengaplikasian untuk kinerja tinggi. Dalam penelitian ini, silicon carbide dibedakan menjadi 2 perlakuan yaitu ada yang disintering terlebih dahulu dengan suhu 900°C selama 2 jam dan ada yang tidak disintering. Persentase kadar Silicon carbide yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat semen. Beberapa macam pengujian yang dilakukan meliputi pengujian kuat tekan, kecepatan memadat, kelecakan, penyerapan air, dan tes abrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan sintering silicon carbide dengan kadar 5% akan meningkatkan kuat tekan mortar sebesar 2% pada umur 28 hari dan meningkat sebesar 6% pada umur 56 hari dibandingkan mortar control. Penggunaan silicon carbide tidak dapat meningkatkan kuat tekan secara signifikan, akan tetapi dengan memiliki ketahanan abrasi yang tinggi maka silicon carbide dapat digunakan sebagai pelapis permukaan beton.

Keywords


mortar, silicon carbide, compressive strength, workability, setting time, water absorption, sintering, abrasion test

Full Text:

PDF

References


ASTM C1437. (2016). Standard Test Method for Flow of Hydraulic Cement Mortar 1. American Society for Testing and Materials, 1–2.

ASTM C109. (2008). Standard Test Method for Compressive Strength of Hydraulic Cement Mortars (Using 2-in. or [50-mm] Cube Specimens, 3-6.

ASTM C140. (2005). Standard Test Method for Sampling and Testing Concrete Masonry Units and Related Units, 4-6.

ASTM C191-04. (2004). Standard Test Method for Time of Setting of Hydraulic Cement by Vicat Needle, ASTM International, West Conshohocken, PA, 2004.

Alvin,T. Dan Hans,T. (2017). Pengaruh Penambahan Silicon Carbide Sebagai Bahan Pengisi terhadap Karakteristik Mortar. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Jiang, Z., Ren, Q., Li, H., & Chen, Q. (2017). Silicon Carbide Waste as a Source of Mixture Materials for Cement Mortar. Frontiers of Environmental Science & Engineering, 11(5), 2.

Niyomwas, S. (2009). Synthesis and Characterization of Silicon-Silicon Carbide Composites from Rice Husk Ash via Self-Propagating High Temperature Synthesis. Journal of Metals, Materials and Minerals, 19(2), 21–25.

Pilli, V. (2015). Study On The Alumina - Silicon Carbide - Carbon Based trough Castable, (December).

Tjokrodimuljo, K. (1996). Teknologi Beton, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Gadjah

Mada, Yogyaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :