PERENCANAAN ELEMEN STRUKTUR BAJA CANAI DINGIN DENGAN PROGRAM EXCEL

Frans Yuridion, Putra Wibawa, Bambang Wyanto, Hasan Santoso

Abstract


Sekarang ini baja canai dingin (cold-formed steel) sudah mulai banyak digunakan dalam struktur bangunan seperti gording, panel, dan dak. Dibandingkan dengan hot-rolled, baja canai dingin relatif lebih ringan,cepat ,dan mudah perakitannya. Namun dalam hal desain perencanaan di Indonesia, belum banyak panduan yang tersedia. Untuk desain perencanaan, dikembangkan spreadsheet untuk melakukan perhitungan kapasitas baja canai dingin yang mengacu pada SNI 7971:2013. Dari penelitian-penelitian sebelumnya tentang spreadsheet desain baja canai dingin, penelitian ini bertujuan untuk melakukan verifikasi dari spreadsheet yang ada. Spreadsheet tersebut dapat menentukan kapasitas profil tarik, lentur, tekan, geser, tumpu, kombinasi lentur dan geser, kombinasi lentur dan tumpu, kombinasi aksial tekan dan lentur, serta kombinasi aksial tarik dan lentur yang sesuai dengan beban-beban yang terjadi pada beberapa jenis profil baja canai dingin. Dari penelitian ini, didapati pada SNI 7971:2013 ada beberapa rumus yang masih perlu dikoreksi dan tidak dapat mengakomodasi profil hat yang terdapat pada spreadsheet.

Keywords


profil baja canai dingin,verifikasi, SNI 7971:2013

Full Text:

PDF

References


Ariussanto,R. dan Gautama,S. (2015) Pengembangan Spreadsheet untuk Perhitungan Kapasitas Baja Canai Dingin (Profil Z dengan Stiffener, Profil I dan O dari Dua Profil Kanal C) Berdasarkan SNI 7971:2013. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Committee BD-082. (2005). AS/NZS 4600:2005Australian/New Zealand Standard™ Cold-formed Steel Structures, Standards Australia, Sydney, Australia.

Gad, E. (2012). Swin Channel, Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia.

Hancock ,G.J., Murray ,T.M., & Ellifritt,T.S. (2001). Cold-formed Steel Structures to the AISI Specification, Marcel Dekker,United State of America .

Louis, A. dan Ariyavinanta, E. (2015) Pengembangan Spreadsheet untuk Perhitungan Kapasitas Baja Canai Dingin dengan Pengaku Berdasarkan SNI 7971:2013. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Setiawan, E. dan Nishimura, Y. (2014). Penggunaan Spreadsheet dalam Menentukan Kapasitas Profil Baja Canai Dingin Berdasarkan SNI 7971:2013. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sub Panitia Teknis. (2013). SNI 7971:2013 Struktur Baja Canai Dingin.Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :