KECELAKAAN, KESELAMATAN, KESEHATAN, DAN LINGKUNGAN KERJA PADA PEKERJAAN GALIAN TANAH BASEMENT

Donny Winata, Nico Njoto Wijaya, Ratna Setiawardani Alifen

Abstract


Proyek konstruksi umunya berkaitan dengan pekerjaan tanah, salah satunya adalah pekerjaan galian tanah. Pekerjaan galian tanah ini memerlukan perhatian khusus, karena pekerjaan galian tanah ini bisa menyebabkan kerugian apabila terjadi kecelakaan kerja. Oleh karena itu, pihak kontraktor harus memperhatikan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja pekerjaan galian tanah basement dalam proyek yang sedang dikerjakan, karena kecelakaan kerja pada proyek galian tanah basement ini sangat merugikan. Penelitian ini mengikuti peraturan dari OSHA (Occupational Safety and Health Act), DEPNAKER (Departemen tenaga kerja), dan EPA (Enviromental Protection Authority). Penelitian ini juga melihat penelitian sebelumnya yaitu penilitian oleh Soegianto dan Dedy (2000), “Keselamatan Kerja Pada Pelaksanaan Penggalian Tanah Berdasarkan Standart OSHA”, dan oleh Hartono dan Ricky, (2005), “Kecelakaan dan Keselamatan Kerja Pekerjaan Galian Tanah Pada Proyek Konstruksi di Surabaya”. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada proyek di Surabaya yang sedang melakukan pekerjaan galian tanah basement, dengan tujuan untuk mendapatkan data mengenai penerapan program Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja galian tanah basement proyek konstruksi di Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecelakaan kerja pekerjaan galian tanah basement yang sering terjadi dan memberikan model penilaian untuk penerapan program Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja pekerjaan galian tanah basement

Keywords


OSHA, DEPNAKER, EPA, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerja, galian tanah basement, open excavation, braced excavation, skala penerapan, skala kepentingan, nilai mean, bobot, staff safety.

Full Text:

PDF

References


Alifen, R. S. (1994). Safety Issues In Excavation Operation. Environmental Protection Authority (EPA),

https://www.epa.vic.gov.au/~/media/Publications/480.pdf

Hartono & Ricky. (2005). Kecelakaan dan Keselamatan Kerja Pekerjaan Galian Tanah pada Proyek Konstruksi di Surabaya. Skripsi Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra.

Soegianto & Dedy. (2000). Keselamatan Kerja Pada Pelaksanaan Penggalian Tanah Berdasarkan Standart OSHA. Skripsi Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra.

OSHA 1926,

https://www.osha.gov/pls/oshaweb/owastand.display_standard_group?p_toc_ part_number=1926

OSHA Trenching and Excavation Safety, OSHA 2226-10R, 2015,

https://www.osha.gov/Publications/osha2226.pdf

Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.PER.01/MEN/1980,

https://nuruddinmh.files.wordpress.com/2013/08/12-permen-no-01-tahun-1980-konstruksi.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :