MODEL PENILAIAN KEPEMIMPINAN MANAJER PROYEK YANG DIHARAPKAN BAWAHAN BERDASARKAN KRITERIA PERILAKU KEPEMIMPINAN

Bobby Yerikho, Felix Sanjaya, Andi Andi

Abstract


Kepemimpinan manajer proyek merupakan salah satu faktor penting sebagai penentu keberhasilan proyek konstruksi. Banyak penelitian tentang kepemimpinan yang dilakukan untuk meningkatkan performa dan tingkat kesuksesan proyek. Namun, belum ada penelitian yang dilakukan untuk menilai kepemimpinan manajer proyek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku kepemimpinan yang diharapkan oleh staf serta menentukan nilai bobot untuk setiap perilaku kepemimpinan untuk pembentukan sebuah model yang akan digunakan untuk menilai kepemimpinan manajer proyek konstruksi di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada staf perusahaan kontraktor pada 5 proyek konstruksi di Surabaya.
Dari 91 responden yang didapatkan perilaku kepemimpinan yang diharapkan oleh staf jika diurutkan sesuai bobot terbesar adalah Intelectual Stimulating, Inspirational, Participative, Individualized Consideration, dan Charismatic. Dengan bobot untuk masing-masing kriteria dan sub kriteria perilaku kepemimpinan dibentuk sebuah model untuk menilai kepemimpinan manajer proyek konstruksi di Surabaya. Model ini telah diaplikasikan untuk menilai kepemimpinan manajer proyek dan mengetahui perilaku kepemimpinan yang paling memerlukan perhatian lebih pada dua proyek konstruksi

Keywords


kepemimpinan, model, AHP, ranking method, manajer proyek, konstruksi

Full Text:

PDF

References


Aryani, F. & Wahyuni, V. (1998). Peranan Kepemimpinan Mandor dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Produksi. (TA No. 821 S). Skripsi Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Cheung et all. (2001). “A Satisfying Leadership Behavior Model for Design Consultants”. International Journal of Project Management 19, 421-429.

Liauwnoto, S. (2009). Model Pemilihan Kontraktor Pemenang Tender di Sektor Swasta Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). (TA No. 01000132/MTS/2009). Tesis Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Orlando, D. & Tanjaya, D. (2010). Model Pengukuran Kemampuan Manajer Proyek Berbasis Kompetensi. (TA No. 21011672/SIP/2011). Skripsi Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behaviour (16th ed). Pearson, Harlow.

Saaty, Thomas L. & Kearns, Kevin P. (1985). Analytical Planning: The Organization of Systems. PA: RWS Publications, Pittsburgh.

Saaty, T.L. (1994). Fundamentals of Decision Making and Priority with Analytical Hierarchy Process. RWS Publication, Pittsburgh.

Sinaga, L. C. & Wattimena, O. K. (2010). Model Pengukuran Tingkat Motivasi dan Demotivasi Staf Teknik Perusahaan Kontraktor di Surabaya. (TA No. 21011728/SIP/2010). Skripsi Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :