ANALISIS DAN APLIKASI ILMU TEKNIK SIPIL DALAM ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM GLOBAL DI KAWASAN PESISIR PANTAI SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR

Arvin Hartanto, Yusuf Chandra Purnomo, Surya Hermawan, Joko Purnomo

Abstract


Kenaikan permukaan laut global meningkat sebagai akibat dari perubahan iklim yang ditunjukkan oleh ekspansi panas laut dan pencairan es, termasuk di Indonesia. Hal itu diidentifikasi sebagai salah satu faktor yang paling berkontribusi yang mengancam masyarakat pesisir, seperti di daerah penelitian ini di tiga dusun Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo yang dilanda Banjir Rob akhir tahun 2017. Banjir tersebut dilaporkan membuat kerugian total minimal 5 miliar rupiah sehubungan dengan gagal panen rumput laut serta ikan hilang dalam produksi sebulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kejadian Banjir Rob dan mengetahui pemilihan konstruksi yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, yaitu Unmanned Aerial Vehicles menggunakan Drone, pemanfaatan data angin 16 tahun dan data pasang surut. Metode penelitian ini membutuhkan Drone untuk mengambil gambar yang nantinya akan diproses menggunakan Software ArcGis dan Menci menjadi peta batimetri dan topografi, sementara data kecepatan angin menjadi Wind Rose untuk memprediksi tinggi gelombang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa daratan pada daerah penelitian memiliki ketinggian yang rendah dan ada endapan tanah pada dasar sungai, ketinggian permukaan air laut mencapai 15 mm/tahun. Untuk mengatasi masalah tersebut seharusnya dilakukan pengerukan pada dasar sungai dan pembuatan konstruksi tanggul di sekitar pesisir pantai.

Keywords


permukaan air laut, banjir rob, konstruksi pantai, unmanned aerial vehicles, data angin, wind rose, pasang surut

Full Text:

PDF

References


Aarnink. (2017). Bathymetry Mapping using Drone Imagery. Coastal Engineering MSc Thesis.

Asuncion, R. C., & Lee, M. (2017). Impacts of Sea Level Rise on Economic Growthin Developing Asia. ADB Economics Working Paper Series. No. 507.

CERC. (1984). Shore Protection Manual. US Army Engineers Waterways Experiment Station, Washington DC, USA.

Chad, A. (2014). “How to Make a Map of Sea Level Rise”. (30 Juni 2014).

Church, J.A., White, N.J. (2011). “Sea-Level Rise from the Late 19th to the Early 21st Century”. 32:585–602, doi: 10.1007/s10712-011-9119-1

Hadi, S. (2017). “Kecamatan Jabon Sidoarjo di Serbu Banjir Rob”. (6 Desember 2017).

Hallegatte, Stephane. (2012). A Framework to Investigate the Economic Growth Impact of Sea Level Rise. Environmental Research Letters 7.

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Junal Ilmia Platax. Vol. 1-2.

Soebyakto, Zulfah, & Mustaqim. (2009). Pasang Surut Air Laut di Pantai Kota Tegal.

Triatmodjo, B. (2010). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta.

Warrick, R.A., Oerlemans, H. (1990). Sea Level Rise. Climate Change : The IPCC Scientific Assessment, New York, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :