MANAJEMEN KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN PARKIR MOBIL DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Angeline Angeline, Indira Detari Solli, Rudy Setiawan

Abstract


Semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, maka kebutuhan untuk membawa kendaraan pribadi (mobil) akan semakin meningkat namun lahan parkir yang disediakan tetap sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan petak parkir yang ada saat ini kemudian memperkirakan kebutuhan parkir mobil dan mengusulkan penerapan manajemen parkir untuk menyeimbangkan ketersediaan dan kebutuhan parkir di Universitas Kristen Petra. Penelitian ini dilakukan dengan survei di lapangan mengenai petak parkir tersedia, mengolah data yang didapat untuk memperkirakan kebutuhan parkir dan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dimana hasil kuesioner tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk menerapkan kebijakan dalam pengelolaan parkir. Hasil yang diperoleh yaitu ketersediaan parkir saat ini 2.685 SRP dan setelah dilakukan penataan ulang menjadi 3.305 SRP dengan kebutuhan saat ini yaitu 1.354 SRP. Untuk mengelola petak parkir yang ada di kampus dibentuk kebijakan dengan prioritas kepada mahasiswa skripsi dan kemudian disusul oleh mahasiswa yang berkendara bersama.

Keywords


ketersediaan parkir, kebutuhan parkir, pengelolaan parkir.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, I, dkk. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Litman, T. (2008). “Parking Management Best Practices”. Victoria Transport Policy Institute, (6 Maret 2018).

Litman, T. (2016). “Parking Management:Strategies for More Efficient Use of Parking Resources”. Victoria Transport Policy Institute, < http:// www.vtpi.org/tdm/tdm28.htm> (6 Maret 2018).

Litman, T. (2018). “Parking Management: Strategies, Evaluation and Planning”. Victoria Transport Policy Institute, (6 Maret 2018).

Setiawan, R. (2016). “Perbedaan Fasilitas Parkir untuk Mendorong Mahasiswa Berkendara Bersama Ke Kampus”. Jurnal Transportasi Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT). Vol. 16, No. 3, 223-230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :